Saputri, Puput Rika (2012) Aplikasi penggunaan STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam pembelajaran ragam gerak tari Kiprah Glipang pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SDN Krucil I Probolinggo / Puput Rika Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Penggunaan STAD (Student Teams-Achievement Divisions) ragam gerak Tari Kiprah Glipang dan hasil belajar. Model pembelajaran yang masih didominasi oleh guru menyebabkan metode pembelajaran menjadikurang bervariasi berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti mencoba menerapkan model pembelajarankooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions). Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan model pembelajaran STADdalam pembelajaran ragam gerak Tari Kiprah pada kegiatan ekstrakurikuler tari. Model pembelajaran STAD merupakan prosedur kerja/ rangkaian langkah yang harus dilaksanakan guru agar siswa belajar secara aktif. Langkah-langkah Student Teams-Achievement Divisions menurut Slavin (2005 143) terdiri dari lima komponen utama yaitu presentasi kelas tim kuis skor kemajuan individual rekongisi tim. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen semu Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Krucil I Kab. Probolinggo dengan jumlah siswa 34 orang Pengambilan data dilaksanakan dengan tes praktek. setelah diadakan pretest kelas ekstrakurikuler dibagi menjadi dua yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran STAD dan kelas kontrol yang menerima metode pembelajaran konvensional (imitasi). Penskoran ragam gerak dibagi menjadi 2 tahap yaitu pretest dan posttest. Hasil belajar kelas eksperimen pada saat posttest menunjukkan 42 % memiliki tingkat hasil belajar tinggi 58% memiliki tingkat hasil belajar sedang. Sedangkan hasil belajar kelas kontrol menujukkan menunjukkan 6.6 % memiliki tingkat hasil belajar tinggi 66.6% memiliki tingkat hasil belajar sedang 20% atau memiliki tingkat hasil belajar rendah. Berdasarkan penelitian penerapan model pembelajaran STAD dapat diterapkan dan meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa dalam mempelajari ragam gerak Tari Kiprah Glipang pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SDN Krucil I Probolinggo. Pembentukan dan pembagian kelompok menjadi beberapa tim dapat memacu minat dan motivasi siswa untuk belajar sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mempengaruhi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Aplikasi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran ekstrakurikuler tari untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan diharapkan penerapan model pembelajaran STAD dapat dikembangkan dengan menggabungkan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dengan model pembelajaran lain yang lebih relevan dengan karakteristik maupun materi pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |