Prathivi, Vigna Sarda (2012) Perbandingan cara mengajar reog Ponorogo di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo dan sanggar tari Probo Wengker Ponorogo / Vigna Sarda Prathivi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Cara Mengajar Reog SMP Sanggar Ponorogo Cara mengajar merupakan salah satu bagian penting dari proses pembelajaran. Sehingga mampu menandai tercapainya pembelajaran secara maksimal sesuai dengan tujuan pembelajaran itu sendiri. Seperti halnya pembelajaran reog yang terdapat di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo dan di Sanggar Tari Probo Wengker Ponorogo. Masing- masing mempunyai ciri dan kekhasan yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana cara mengajar Reog Ponorogo di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo (2) Untuk mendeskripsikan cara mengajar Reog Ponorogo di Sanggar Tari Probo Wengker. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo yang berada di jalan Raya Siman Kecamatan Siman Ponorogo dan Sanggar Tari Probo Wengker yang berada di jalan Halim Perdana Kusuma nomor 12 Kecamatan Siman Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu peneliti sendiri. Subjek penelitian guru guru sanggar atau seniman tari dan siswa. Analisis dilakukan dengan memeriksa data yang diperoleh mengklasifikasi data memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Cara mengajar Reog Ponorogo di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo mempunyai tahapan yang jelas dan terstruktur mulai dari tahap perencanaan pembelajaran dengan menyusun silabus dan RPP tahap pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode ceramah tanya jawab demonstrasi drill penggunaan media berupa kaset CD laptop dan pengeras suara tahap sesudah pembelajaran dilakukan dengan cara evaluasi yang terdiri dari evaluasi proses dan hasil (2) Cara Mengajar Reog Ponorogo di Sanggar Tari Probo Wengker mempunyai tahap perencanaan pembelajaran yang meliputi perencanaan tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran tahap pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dan drill penggunaan media berupa tape recorder dan gamelan tahap sesudah pembelajaran dilakukan dalam bentuk pertunjukan yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Beberapa saran yang diberikan penulis yaitu bagi SMP Negeri 1 Siman Ponorogo diharapkan guru dapat menggunakan metode yang sesuai dengan materi yang disampaikan serta disediakannya ruangan untuk praktek tari. Bagi Sanggar Tari Probo Wengker diharapkan dapat terus mengajarkan tari baik tradisional daerah maupun daerah lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |