Kompetensi guru dalam menyampaikan bahan ajar mata pelajaran seni tari pada program PPST di SMP Negeri 4 Malang / Cicik Tripuspita Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Kompetensi guru dalam menyampaikan bahan ajar mata pelajaran seni tari pada program PPST di SMP Negeri 4 Malang / Cicik Tripuspita Rahayu

Rahayu, Cicik Tripuspita (2012) Kompetensi guru dalam menyampaikan bahan ajar mata pelajaran seni tari pada program PPST di SMP Negeri 4 Malang / Cicik Tripuspita Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kompetensi guru bahan ajar PPST tari SMP Kompetensi guru merupakan perpaduan antara kemampuan personal keilmuan teknologi sosial dan spiritual yang membentuk kompetensi standar profesi guru yang mencakup penguasaan materi pemahaman terhadap peserta didik pembelajaran yang mendidik dan profesionalisme. Di SMP Negeri 4 Malang ini mata pelajaran seni tarinya sangat baik meskipun guru seni tari program PPST berlatar belakang pendidikan Sarjana Pertanian. Hal ini perlu dikaji lebih lanjut tentang penelitian yang mencakup kompetensi guru dan strategi yang digunakan guru dalam menyampaikan bahan ajar serta faktor pendukung dan penghambat yang diperoleh/dialami guru. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kompetensi guru dalam menyampaikan bahan ajar mendeskripsikan strategi guru dalam menyampaikan bahan ajar dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami guru di SMP Negeri 4 Malang Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara data dianalisis dengan teknis analisis deskriptif yaitu dengan menganalisis data menggunakan kalimat dan kata-kata. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh (1) kompetensi yang dimiliki guru seni tari yaitu kompetensi kepribadian kompetensi pedagogik kompetensi profesional dan kompetensi sosial masing-masing dari komponen tersebut menunjukkan hasil yang baik (2) strategi yang digunakan merupakan penggabungan beberapa metode yang ada yakni metode ceramah demonstrasi mencontoh diskusi instruksi pengamatan dan penugasan. Model yang digunakan adalah jigsaw lesson study/ studi pembelajaran dan pembelajaran dari teman sejawat. Media yang digunakan VCD televisi tape soundsystem video rekaman tari laptop (3) dukungan yang penuh diperoleh dari keluarga sekolah dan masyarakat ada hambatan yang dialami guru yakni kondisi fisik yang sudah tua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan (1) kompetensi guru merupakan salah satu komponen terpenting yang harus dimiliki guru agar pada proses pembelajaran tercapai tujuan pembelajaran dan dalam menyampaikan bahan ajar dapat diterima oleh peserta didik dengan mudah (2) Disarankan setiap sekolah untuk bisa memilih strategi atau cara dalam pembelajaran dengan tepat(3) Pihak keluarga sekolah masyarakat disarankan untuk selalu memberikan dukungan yang penuh agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13525

Actions (login required)

View Item View Item