Hidayati, Miftahul (2012) Pengembangan buku ajar seni reog Ponorogo sebagai bahan ajar materi apresiasi seni tari daerah setempat untuk SMP kelas VII semester 2 / Miftahul Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan buku ajar apresiasi seni tari Reog Ponorogo Keterbatasan guru seni budaya khususnya seni tari di Kabupaten Ponorogo menyebabkan sekolah-sekolah di Ponorogo khususnya SMP tidak memunculkan materi seni tari dalam pembelajaran. Dalam melaksanakan pembelajaran seni tari diperlukan buku ajar yang isinya lengkap dan mudah dipahami siswa agar dapat belajar walaupun tanpa ada guru seni tari. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan sebuah produk yang berupa buku ajar materi apresiasi seni tari Reog Ponorogo yang mudah lengkap dan menarik untuk siswa SMP kelas VII semester 2. Prosedur penelitian pengembangan ini mengadaptasi prosedur penelitian R D Borg dan Gall dan prosedur penelitian menurut Sugiyono yang terdiri atas indentifikasi kebutuhan perencanaan produksi uji coba perseorangan revisi uji coba validasi revisi dan uji coba kelompok kecil. Subjek validasi produk dilakukan oleh ahli bahasa ahli materi dan ahli media. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 1 Slahung. Data dikumpulkan melalui angket skala linkert dengan menggunakan format penilaian uji coba validasi dan uji coba kelompok kecil. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah buku ajar materi apresiasi seni tari daerah setempat untuk SMP kelas VII semester 2 tentang Reog Ponorogo yang berisi sejarah fungsi tokoh dan karakter tokoh tatarias dan busana alat musik pengiring dan bentuk penyajiannya. Buku ajar ini dicetak pada kertas B5 dengan panjang 25 7 cm dan lebar 18 2 cm dengan jumlah halaman 75 halaman. Jenis huruf yang digunakan adalah Maiandra GD dengan ukuran huruf 12 pt. Warna buku dominan warna hijau. Isi buku dilengkapi dengan soal-soal evaluasi yang berfungsi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap uraian materi. Berdasarkan penilaian ahli validasi produk oleh ahli bahasa ahli materi dan ahli media menunjukan bahwa produk yang dihasilkan baik. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil menunjukan bahwa produk yang dihasilkan baik dan menarik sehingga secara konseptual layak digunakan di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan tersebut saran diberikan kepada (1) guru seni budaya sebaiknya menggunakan buku ajar khususnya seni tari daerah setempat agar dapat menyampaikan materi dengan baik (2) siswa rajin mempelajari buku ajar pelajaran seni tari daerah setempat agar dapat membantu memahami materi dengan baik (3) peneliti selanjutnya penelitian ini dapat ditindaklanjuti dengan melengkapi media audio visual dan penambahan materi untuk pembelajaran ekspresi seni tari daerah setempat lainya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |