Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran seni tari di SMPN 1 Genteng Banyuwangi / Titing Rufiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran seni tari di SMPN 1 Genteng Banyuwangi / Titing Rufiyanti

Rufiyanti, Titing (2012) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran seni tari di SMPN 1 Genteng Banyuwangi / Titing Rufiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Seni Tari di SMPN 1 Genteng Banyuwangi. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (2) Dra. Ninik Harini M.Sn. Kata Kunci Pembelajaran Seni Tari Model Pembelajaran STAD. Pembelajaran ialah proses membelajarkan siswa. Di SMPN 1 Genteng Banyuwangi guru Pendidikan Seni Tari mengatakan telah menerapkan metode STAD untuk membelajarkan pada siswanya. Metode pembelajaran STAD merupakan suatu model pembelajaran yang dipandang cukup maju. Terkait dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk memotret pelaksanaan pembelajaran Seni Tari yang menerapkan STAD di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data reduksi penyajian data penarikan simpulan dan vertifikasi. Peneliti mengambil lokasi penelitian di SMPN 1 Genteng Banyuwangi. Subjek dalam penelitian ini adalah Ibu Indah Purwandari selaku guru Seni Budaya di SMPN 1 Genteng. Untuk melengkapi data penelitian ini juga memanfaatkan para siswa setempat sebagai informan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran Seni Tari terdiri atas langkah-langkah (a) perencanaan dengan membuat seperangkat pembelajaran (b) pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran STAD terdiri dari penyampaian materi pembagian kelompok secara heterogen dan kerja kelompoknya kuis/tes individu dan penghitungan skor sedangkan metode pembelajaran menggunakan ceramah tanya jawab diskusi dan demonstrasi dan (c) evaluasi dengan menggunakan evaluasi belajar keterampilan siswa (psikomotorik) pengetahuan (kognitif) dan sikap (afektif) dalam bentuk penilaian unjuk kerja (2) hasil penilaian pembelajaran Seni Tari berpatokan pada daya ingat dan pemahaman kemampuan melakukan gerak ketepatan gerak dengan musik iringan dan kerjasama dalam kelompok (3) kelebihan pembelajaran STAD menjadikan siswa lebih menghargai pendapat teman dan saling bekerja sama. Kekurangan pembelajaran ini adalah pembelajaran membutuhkan waktu yang panjang sehingga menguras waktu. Hasil di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD yang diterapkan guru hanya meliputi penyajian materi pembagian dan kerja kelompok kuis/tes individu dan perhitungan skor. Sedangkan penghargaan untuk siswa belum dilakukan oleh guru. Penerapan suatu model pembelajaran pada proses belajar mengajar guru disarankan terlebih dahulu memahami bagaimana konsep ataupun langkahlangkah pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13522

Actions (login required)

View Item View Item