Strategi pengembangan muatan lokal seni tari tradisional di SMP Negeri 4 Malang / Lovi Ardina Lukita - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pengembangan muatan lokal seni tari tradisional di SMP Negeri 4 Malang / Lovi Ardina Lukita

Lukita, Lovi Ardina (2012) Strategi pengembangan muatan lokal seni tari tradisional di SMP Negeri 4 Malang / Lovi Ardina Lukita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi Muatan Lokal Tari Tradisional SMP. Muatan Lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah. Keberanian SMPN 4 Malang dalam membuka kelas seni tari tradisional sebagai wujud pengembangan muatan lokal menarik untuk diteliti terutama tentang bagaimana strategi sekolah dalam mewujudkan kelas seni tari tradisional tersebut. Dalam penelitian ini akan dibahas tentang strategi pengembangan muatan lokal seni tari tradisional implementasi pembelajaran muatan lokal seni tari tradisional faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajarannya. Tujuannya untuk mendeskripsikan strategi dalam mengembangkan muatan lokal menganalisis implementasi strategi muatan lokal menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pelajaran seni tari SMPN 4 Malang. Pada penelitian ini peneliti sebagai instrumen dan sebagai alat pengumpul data utama. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan/observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan kepercayaan keteralihan ketergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang digunakan oleh SMPN 4 Malang dalam menyelenggarakan muatan lokal adalah a) melibatkan pemegang kebijakan di sekolah dan komite sekolah dalam memilih muatan lokal yang akan dikembangkan b) menentukan muatan lokal yang akan dipilih sesuai dengan potensi dan kebutuhan daerah c) menyelenggarakan kelas seni tari tradisional dan d) mengembangkan perangkat pembelajaran yaitu silabus dan RPP (2) Implementasi pembelajaran seni tari tradisional membahas tentang strategi pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Pada kelas seni tari guru telah menggunakan beberapa strategi pembelajaran yakni a) demonstrasi b) mengamati video tari c) tutor sebaya dan d) dikte. Sedangkan dalam hal penilaian guru telah melaksanakan a) tes tertulis untuk penguasaan teori tari dan b) tes unjuk kerja untuk penguasaan praktek tari. (3) Faktor pendukung dalam implementasi muatan lokal seni tari tradisional di SMP Negeri 4 Malang adalah adanya keterlibatan dinas pendidikan orang tua/komite sekolah dalam pembentukan kelas seni tari sehingga pelaksanaannya berjalan dengan lancar. Sedangkan faktor penghambatnya disimpulkan bahwa tingginya kesibukan siswa kelas seni yang harus membagi waktu antara latihan di sekolah dengan pelajaran yang lain membuat siswa kelas seni harus pandai mengatur waktu belajarnya. Saran penelitian ini SMP Negeri 4 Malang diharapkan dapat mengembangkan muatan lokalnya sampai ke kurikulumnya dengan cara bekerja sama dengan lembaga pendidikan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13518

Actions (login required)

View Item View Item