Makna simbolik ragam gerak dalam pertunjukan "Reog Bulkiyo" di Desa Kemloko Nglegok Kabupaten Blitar / Novia Listiana Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna simbolik ragam gerak dalam pertunjukan "Reog Bulkiyo" di Desa Kemloko Nglegok Kabupaten Blitar / Novia Listiana Dewi

Dewi, Novia Listiana (2012) Makna simbolik ragam gerak dalam pertunjukan "Reog Bulkiyo" di Desa Kemloko Nglegok Kabupaten Blitar / Novia Listiana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci makna simbolik ragam gerak Reog Bulkiyo Blitar Ragam gerak yang terdapat di dalam pertunjukan Reog Bulkiyo berbeda dengan gerak yang terdapat pada pertunjukan reog pada umumnya di daerah lain seperti reog kendang Tulungagung atau reog Ponorogo. Gerak tariannya sejak dulu terdiri empat jenis yaitu lincak gagak rubuh-rubuh gedhang untir-untir dan perang. Gerakannya relatif sederhana dan terdiri dari gerakan-gerakan seperti tangan tolehan kepala serta perpindahan langkah kaki. Namun di dalam ragam geraknya tersebut terdapat keunikan-keunikan yang tidak ditemui pada pertunjukan lainnya. Oleh karena itu masalah yang diambil adalah asal-usul pertunjukan Reog tata urutan ragam gerak makna simbolik ragam gerak dalam pertunjukan Reog Bulkiyo di Desa Kemloko Nglegok Kabupaten Blitar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu asal-usul pertunjukan Reog Bulkiyo tata urutan ragam gerak makna simbolik ragam gerak yang terdapat dalam pertunjukan Reog Bulkiyo di Desa Kemloko Nglegok Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Supangi (pimpinan pertunjukan Reog Bulkiyo) Eko Maji (prajurit pembawa pecer) dan Santoso (pembawa rontek). Lokasi penelitian berada di desa Kemloko Nglegok Kabupaten Blitar. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan) wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan peneliti ketekunan/keajegan pengamatan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pertunjukan Reog Bulkiyo merupakan pertunjukan yang diadopsi dari tafsir ambiya yang menceritakan tentang peperangan kaum Islam dan kaum Kafir (2) tata urutan ragam gerak pertunjukan Reog Bulkiyo meliputi gerak hormat aba-aba dan iring-iring prajurit lincak gagak langkah seoran gagahan ndhondhok/ngasah gaman nantang hormat kedua rubuh-rubuh gedhang untir-untir singget solah bacokan nggorok. (3) ragam gerak yang memiliki makna antara lain gerak hormat melambangkan memantapkan diri dan kesiapan mental aba-aba prajurit melambangkan memantapkan kesiapan fisik iring-iring prajurit melambangkan kesiapan seorang prajurit mengikuti atasannya lincak gagak melambangkan kelincahan dan kegagahan seorang prajurit langkah seoran melambangkan uji coba terhadap ketajaman dan kesaktian berang nantang melambangkan sikap sombong diri atas kelebihan yang dimiliki dan merendahkan orang lain rubuh-rubuh gedhang melambangkan hidup manusia ibaratnya seperti pohon pisang akan mati dan muncul tunas/generasi muda dan hanya tunduk/takut kepada Allah untir-untir melambangkan kewaspadaan agar terlindung dari segala macam cobaan singget melambangkan hanya memohon dan meminta perlindungan hanya kepada Allah SWT ngasah gaman melambangkan kepintaran seseorang apabila tidak diasah secara terus menrus akan semakin tumpul solah melambangkan pencarian jati diri bacokan melambangkan mengadu kekuatan dengan berangnya masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada semua pihak terutama generasi muda untuk mempelajari makna simbolik ragam gerak pertunjukan Reog Bulkiyo yang bisa menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan ini agar bisa lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13515

Actions (login required)

View Item View Item