Implementing a flipped classroom to improve vocational high school students' skill in writing transactional texts / Alfionita Sayidhati Zakiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing a flipped classroom to improve vocational high school students' skill in writing transactional texts / Alfionita Sayidhati Zakiya

Zakiya, Alfionita Sayidhati (2020) Implementing a flipped classroom to improve vocational high school students' skill in writing transactional texts / Alfionita Sayidhati Zakiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zakiya Alfionita Sayidhati. 2019. Menerapkan Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dalam Menulis Teks Transaksional. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd. M.A. Ph.D. (II) Drs. Andi Muhtar M.A. Keywords flipped Classroom kemampuan menulis teks transaksional. Kemampuan menulis adalah kemampuan dimana seseorang dapat mengorganisasi ide dan pendapat mereka dalam bentuk tulisan dengan mengendalikan tingkat kalimat (struktur tatabahasa perbendaharaan kata tanda baca pengejaan kata). Flipped classroom adalah sebuah strategi mengajar yang mengharuskan siswa belajar materi yang akan dipelajari sebelum kelas dimulai. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa Sekolah Menengah Kejuruan dalam menulis teks transaksional dengan penerapan flipped classroom. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah langkah yang digunakan pada Penelitian Tindakan Kelas adalah perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan untuk mencapai kritertia kesuksesan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan menulis catatan lapangan daftar pengamatan dan angket siswa. Subyek dari penelitian ini adalah 35 siswa kelas sepuluh TKJ 1 SMKN 10 Malang tahun akademik 2018/2019. Terdapat enam langkah penting yang diterapkan dalam proses belajar dan mengajar pada penelitian ini. Langkah pertama adalah siswa diminta melihat video tentang materi yang dalam situasi ini adalah teks transaksional dan mereka diharuskan menonton video ini sebelum kelas dimulai dan mencari informasi lain terkait dengan materi. Langkah kedua adalah siswa memberikan beberapa pertanyaan terkair dengan video yang telah mereka tonton. Langkah ketiga adalah siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan tersebut dalam kelompok yang beranggotakan tiga atau empat orang. Langkah keempat adalah siswa menjawab pertanyaan secara lisan. Langkah kelima adalah guru memberikan timbal balik dan menguraikan jawaban yang diberikan oleh siswa. Langkah terakhir adalah siswa melakukan refleksi terhadap apa yang telah mereka pelajari dan guru memberikan penegasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan flipped classroom dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks transaksional. Penelitian ini menunjukkan bahwa 28 dari 35 siswa atau 79% yang mendapatkan nilai lebih atau sama dengan 76. Data telah dikumpulkan dari analisis tes akhir kemampuan menulis siswa. Selebihnya data yang didapatkan dari catatan lapangan dan daftar pengamatan dalam kegiatan belajar dan mengajar menunjukkan jika sebagian besar dari para siswa berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan belajar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan flipped classroom pada penelitian ini dapat membantu siswa kelas 10 TKJ 1 SMKN 10 Malang meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks transaksional. Peneliti merekomendasikam flipped classroom sebagai salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengajarkan kemampuan menulis dan kemampuan bahasa yang lain. Untuk guru Bahasa Inggris flipped classroom dapat digunakan sebagai salah satu strategi dalam mengajar kemampuan menulis. Strategi ini berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks terutama teks transaksional. Disarankan juga untuk peneliti selanjutnya hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu referensi dalam mengembangkan strategi yang sama dengan kemampuan yang berbeda dan mata pelajaran yang berbeda pada tingkat pendidikan yang lain dan situasi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/135146

Actions (login required)

View Item View Item