Strategi pembelajaran tari beskalan pada siswa kelas X-5, semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di SMA Negeri 1 Malang / Abd. Rahem - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran tari beskalan pada siswa kelas X-5, semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di SMA Negeri 1 Malang / Abd. Rahem

Rahem, Abd. (2012) Strategi pembelajaran tari beskalan pada siswa kelas X-5, semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di SMA Negeri 1 Malang / Abd. Rahem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi Pembelajaran Tari Beskalan SMA. Tari Beskalan merupakan salah satu tari tradisional daerah setempat yang menjadi mata pelajaran wajib bagi siswa kelas X pada semester genap di SMA Negeri 1 Malang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana Strategi pengorganisasian Pembelajaran tari Beskalan di SMA Negeri 1 Malang 2). Bagaimana Strategi penyampaian pembelajaran tari Beskalan di SMA Negri 1 Malang. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitiannya adalah guru seni tari SMA Negeri 1 Malang. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara observasi dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data serta pengambilan data keputusan dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan temuan di gunakan dengan teknik trianggulasi metode. trianggulasi metode di lakukan dengan mengkonfirmasikan antara data yang di peroleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian yang di gunakan yaitu tahap persiapan tahap penyusunan rancangan penelitian tahap pelaksanaan peneliti dan tahap penyusunan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Strategi Pengorganisasian pembelajaran tari Beskalan di SMA Negeri 1 Malang dibuat secara tertulis meliputi silabus RPP prota dan promes. a) tujuan pembelajaran yaitu untuk melestarikan dan membudayakan tarian khas Malang yaitu tari Beskalan b) materi yang di berikan adalah ragam-ragam gerak tari Beskalan secara bertahap dengan Standar Kompetensi ( Mengekpresikan diri melalui karya seni tari) dan Kompetensi Dasar (menampilkan tari tunggal daerah setempat) c) metode yang di gunakan adalah metode mencontoh atau imitasi dan demonstrasi d) media di gunakan adalah kaset VCD property yang di gunakan yaitu sampur dan gongseng. Untuk tempat praktek menggunakan ruang serba guna e) penilaian di lakukan secara individu meskipun siswa mempraktekkannya secara berkelompok jenis penilaian yang di gunakan yaitu psikomotor dan afektif penilaiannya berdasarkan hasil pengamatan terhadap kegiatan siswa untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mempraktekkan tari Beskalan juga keaktifan siawa dalam mengikuti kegiatan praktek serta keaktifan dalam mengerjakan tugas kelompok maupun tugas individu aspek yang di amati terdiri dari hafalan ekspresi dan harmonisasi. Skor nilai menggunakan skala huruf A B C D E dan angka 1 2 3 4 5. (2). Strategi Penyampaian pembelajaran tari Beskalan di SMA Negeri 1 Malang menggunakan strategi deduktif sistem pengajarannya dari umum ke khusus dengan menggunakan model apretensip yaitu adanya kegiatan mencontoh secara berulang-ulang oleh siswa sehingga kegiatan belajar mengajar lebih berpusat pada guru. Metode yang di gunakan adalah metode mencontoh atau imitasi dan demonstrasi. Dapat di sarankan dari Strategi pengorganisasian pembelajaran dan Strategi penyampaian pembelajaran ini bahwa bisa menjadi acuan pada sekolah lain dalam menyiasati pemilihan materi yang berdasar daerah setempat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13514

Actions (login required)

View Item View Item