Man's and woman's language in instagram and facebook / Nur afny Maulidyany - Repositori Universitas Negeri Malang

Man's and woman's language in instagram and facebook / Nur afny Maulidyany

Maulidyany, Nur Afny (2019) Man's and woman's language in instagram and facebook / Nur afny Maulidyany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maulidyany Nur Afny 2019. Man s and Woman s Language in Instagram and Facebook. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. A. Effendi Kadarisman M.A. Ph.D (2) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Keywords woman language dominance teori difference teori Facebook Instagram Perbedaan dalam penggunaan bahasa yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan biasanya ditemukan dengan mengamati perbedaan cara menulis dan komunikasi secara langsung antara laki-laki dan perempuan itu sendiri. Perbedaan tersebut menyebabkan munculnya perspektif bahwa bahasa wanita dianggap lemah dan sering dipandang sebelah mata. Orang-orang bahkan menyebut wanita memiliki bahasa sendiri yang dinamai dengan Woman Language . Oleh karenanya penilitian ini bertujuan untuk menjelaskan wawasan mengenai woman language yang tidak hanya ditemukan dalam komunikasi secara langsung tetapi juga bisa ditemukan dalam interaksi secara online atau dalam dunia maya. Penelitian ini menggunakan metodi kualitatif deskriptif karena berhubungan dengan fenomena yang sering terjadi dalam lingkup sosial dari data yang dikumpulkan. Peneliti mengambil masing-masing 20 akun pria dan 20 akun wanita dari Instagram dan Facebook dengan separuh penutur bahasa Inggris asli dan separuh penutur bahasa Indonesia. Jadi peneliti menggunakan total 40 data yang diambil dari kedua aplikasi. Setelah itu data yang sudah dikumpulkan dianalisa dan dikategorikan sesuai dengan dua teori utama yaitu Dominance dan Difference dan akan dianalisa juga teori mana yang paling banyak ditemukan di aplikasi yang digunakan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (a) teori yang banyak ditemukan dari seluruh data adalah teori Difference akan tetapi karena banyaknya laki-laki yang juga menggunakan woman language maka bahasa tersebut tidak lagi menjadi bahasa yang hanya digunakan oleh perempuan saja dan (b) perbedaan penulisan caption dan status bisa diketahui melalui topik yang biasanya dipilih oleh masing-masing orang di kedua aplikasi. Hal tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh dua faktor yang menjadi penyebab adanya perbedaan yaitu faktor pekerjaan dan faktor lingkungan dimana masing-masing individu tinggal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan untuk para pembaca yang memiliki ketertatikan sama mengenai topik gender and language yang ada di media sosial dan masih banyak media lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan data selain daripada Instagram dan Facebook. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberi manfaat untuk peneliti selanjutnya yang ingin menggunakan bahasa lain karena tidak adanya limitasi perkembangan bahasa yang bisa terjadi kapan saja..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/135088

Actions (login required)

View Item View Item