Tayub ninthing: tari kreasi baru yang bersumber pada kesenian tayub / Ajeng Ratri Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Tayub ninthing: tari kreasi baru yang bersumber pada kesenian tayub / Ajeng Ratri Pratiwi

Pratiwi, Ajeng Ratri (2012) Tayub ninthing: tari kreasi baru yang bersumber pada kesenian tayub / Ajeng Ratri Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kesenian Tayub Tari Kreasi Baru Tayub Ninthing Kesenian Tayub merupakan suatu kesenian tradisional yang berkembang di masyarakat khususnya di Kabupaten Tulungagung. Tayub atau nayub yang erat hubungannya dengan minuman keras dimana di dalam tayuban itu sendiri minuman keras selalu mendapatkan tempat penting dalam suatu pertunjukan Tayub. Kehidupan para ronggeng atau ledhek atau tandhak itu sangat dilekati dengan kehidupan prostitusi yang karena perubahan nilai-nilai dalam suatu masyarakat menyebabkan turunnya martabat mereka baik untuk masyarakat pada umumnya ataupun menyangkut penilaian orang terhadap dunia tari itu sendiri terutama tanggapan orang terhadap para remaja putri yang akan belajar menari. Penciptaan tari Tayub Ninthing ini bertujuan untuk menciptakan tari kreasi baru yang diharapkan anggapan negatif yang telah melekat pada kesenian Tayub dapat hilang dan para remaja bisa tertarik pada kesenian tradisi. Metode penciptaan meliputi langkah sebagai berikut eksplorasi eksperimantasi (imitasi improvisasi evaluasi) pembentukan (forming) peramuan (composing) serta melalui rangsang dengar (auditif) rangsang visual rangsang gagasan dan rangsang kinestetik. Tari Tayub Ninthing sebuah bentuk tari kreasi baru yang ditarikan oleh lima orang penari. Dengan tata rias cantik yang semakin menonjolkan kesan remaja serta didukung kostum atasan kebaya dengan warna dasar biru muda dan bawahan jarik dengan warna dasar hitam bermotif bunga tidak lupa dengan memberikan asesoris pelengkapnya. Properti yang digunakan dalam tarian ini adalah sampur. Panggung prosenium dipilih sebagai tempat pementasan karena tarian akan dinikmati dari arah depan saja. Menciptakan suatu karya tari harus melalui suatu proses dan langkah-langkah yang terstruktur. Dengan terciptanya sebuah tari Tayub Ninthing diharapkan bisa diterima di masyarakat dan menjadi obyek apresiasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13508

Actions (login required)

View Item View Item