Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model group investigation untuk meningkatkan aktivits dan hasil belajar seni tari materi ekspresi pada siswa kelas VII-D SMP 2 Tumpang Kab. Malang / Elis Yuliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model group investigation untuk meningkatkan aktivits dan hasil belajar seni tari materi ekspresi pada siswa kelas VII-D SMP 2 Tumpang Kab. Malang / Elis Yuliani

Yuliani, Elis (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model group investigation untuk meningkatkan aktivits dan hasil belajar seni tari materi ekspresi pada siswa kelas VII-D SMP 2 Tumpang Kab. Malang / Elis Yuliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kooperatif model Group Investigation aktivitas siswa dan hasil belajar Berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas VII-D SMPN 2 Tumpang Kab. Malang cukup rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas VII-D untuk mata pelajaran Seni Budaya sebesar 73 4 di bawah Standart Ketuntasan Minimal (SKM) yaitu 75. Hasil belajar yang rendah ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain model pembelajaran yang masih didominasi oleh guru metode pembelajaran kurang bervariasi dan kelas yang sering kosong. Akibatnya siswa menjadi pasif dan minat siswa cenderung bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Pada saat proses belajar mengajar siswa sering tidak memperhatikan penjelasan guru mereka mengobrol dengan teman. Berdasarkan permasalahan tersebut maka untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada penelitian melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation. Model Group Investigation (GI) merupakan perencanaan pengaturan kelas yang umum di mana para siswa bekerja dalam kelompok untuk menginformasikan hasil investigasi masalah kepada kelompok lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar seni tari materi ekspresi dengan model pembelajaran Group Investigation. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu observasi perencanaan pelaksanaan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi tidak langsung catatan lapangan angket dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan tes praktek dokumen daftar nilai dan lembar observasi. Penelitian tindakan kelas ini peneliti terlibat langsung pada proses penelitian dari awal hingga berakhirnya penelitian dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketercapaian aktivitas belajar siswa pada siklus I rata-rata 40 8% dan meningkat menjadi 67 8% pada siklus II yang mengalami peningkatan sebesar 27%. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari presentase nilai rata-rata tes akhir setiap siklus yaitu dari siklus I ke siklus II masing-masing nilai rata-ratanya 73 43 dan 77 86. Selisih rata-rata kelas siklus I ke siklus II sebesar 4 43. Berdasarkan data yang diolah menggunakan rumus persentase peningkatan diketahui peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 6 03%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekspresi seni tari. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru menggunakan berbagai macam variasi model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Group Investigation dapat dijadikan alternatif pertimbangan dalam penggunaan variasi model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13507

Actions (login required)

View Item View Item