Tari sodoran pada upacara karo sebagai materi apresiasi daerah setempat bagi siswa SMP PGRI di desa Ngadisari Kabupaten Probolinggo / Nuria Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Tari sodoran pada upacara karo sebagai materi apresiasi daerah setempat bagi siswa SMP PGRI di desa Ngadisari Kabupaten Probolinggo / Nuria Agustin

Agustin, Nuria (2012) Tari sodoran pada upacara karo sebagai materi apresiasi daerah setempat bagi siswa SMP PGRI di desa Ngadisari Kabupaten Probolinggo / Nuria Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci tari sodoran upacara karo apresiasi daerah setempat SMP Tari Sodoran merupakan simbol dari Tari Sangkan Paraning Dumadi (Asal mula terjadinya alam semesta dengan segala isinya). Tari Sodoran merupakan pelengkap pada Upacara Karo yang merupakan hari raya masyarakat Tengger dilaksanakan pada bulan kedua dalam kalender Tengger. Upacara ini dimaksudkan untuk memperingati dan mengenang kehidupan masyarakat pada masa Satya Yoga (setia atau jujur). Pada tahun ini Upacara Karo dilaksanakan di Desa Ngadisari setelah beberapa tahun sebelumnya dilaksanakan di Desa Wonotoro dan Desa Jetak. SMP PGRI Ngadisari Kabupaten Probolinggo adalah satu-satunya SMP yang berada di Desa Ngadisari yang mempelajari Tari Sodoran sebagai materi apresiasi daerah setempat sehingga sekolah tersebut dipilih sebagai subyek penelitian. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bentuk pertunjukan Tari Sodoran pada Upacara Karo Masyarakat Tengger Ngadisari Kabupaten Probolinggo dan (2) mengetahui cara guru SMP PGRI Ngadisari melakukan kegiatan apresiasi Tari Sodoran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara (interview) pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Analisis yang digunakan reduksi data display data dan kesimpulan/verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan temuan menggunakan trianggulasi yang terdiri dari trianggulasi metode dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian mencakup dua hal yang mendasar yaitu (1) Bentuk Pertunjukan Tari Sodoran Pada Upacara Karo Masyarakat Tengger Ngadisari Kabupaten Probolinggo yang terdiri dari a) Persiapan Pertunjukan b) Struktur Penyajian Pertunjukan Tari Sodoran Pada Upacara Karo yang meliputi pembukaan nyarag besat jogedan mengambil sodor dan beksane ratu c) Unsur-unsur pendukung yaitu iringan tata rias tata busana tata lampu (lighting) tata suara (sound) properti dan tempat pertunjukan (2) Cara guru SMP PGRI Ngadisari Melakukan Kegiatan Apresiasi Tari Sodoran adalah a) Mengajak siswa untuk mengapresiasi seni dengan cara mengamati pertunjukan Tari Sodoran secara bersama-sama dan memberikan contoh gambar kepada siswa secara berkelompok b) Komponen Pengajaran Seni Tari di SMP PGRI Ngadisari yang meliputi penggunaan media interaksi belajar mengajar keterampilan guru dan evaluasi pengajaran. Dari hasil penelitian disarankan kepada pihak sekolah dapat menyediakan ruangan khusus serta sarana dan prasarana demi berlangsungnya Tari Sodoran Pada Upacara Karo Sebagai Materi Apresiasi Daerah Setempat Bagi Siswa SMP PGRI Di Desa Ngadisari Kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13501

Actions (login required)

View Item View Item