Mulyawanti, Dina Tri (2011) Survey pembelajaran seni budaya sub materi seni tari untuk kelas VIII di SMP Negeri 1 Kras Kediri / Dina Tri Mulyawanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Seni Budaya Seni Tari Pendidikan seni budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat pada program pendidikan dasar dan menengah yang mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yaitu kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KBK ini merupakan kurikulum yang juga mempunyai orientasi terhadap life skill yakni kemampuan dasar yang diperoleh dari pengalaman pribadi baik pengalaman yang ada disekolah maupun pengalaman dalam hidup bermasyarakat kemudian KBK ini disempurnakan lagi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Seni tari merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran seni budaya yang diterapkan di sekolah umum seperti yang ada disekolah menengah pertama (SMP) dengan tujuan mengapresiasikan karya seni tari dan mengekspresikannya melalui karyakarya yang dihasilkan dari pengembangan kemampuan dasar dan kreativitas gerak. siswa secara menyeluruh. Keikutsertaan SMP Negeri 1 Kras Kediri dalam pembelajaran seni tari menjadi bagian dari mata pelajaran pendidikan seni budaya yakni salah satu usaha sekolah untuk mengembangkan potensi siswa dalam berapresiasi dan berkarya kreatif melalui seni tari. Selain wawasan nilai-nilai pendidikan seni tari secara sederhana dapat ditemukan pada gerak-gerak lembut atau kasar aturan-aturan tertentu sikap gerak yang terkandung di dalamnya dan kesemuanya itu dapat diaplikasikan untuk menanamkan sikap percaya diri disiplin dan keteguhan jiwa seorang (siswa). Penelitian ini diksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan (1) Perencanaan (2) Kecenderungan metode yang digunakan guru (3) Pelaksanaan pelajaran seni budaya sub materi seni tari untuk kelas VIII di SMP Negeri 1 Kras Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara bersamaan pada saat dilakukan penelitian. Peneliti mengambil lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Kras Kediri dengan sumber data guru seni tari dan siswa kelas VIII khususnya kelas VIIIA.Untuk mendapatkan validitas maka penulis menggunakan triangulasi data serta ketekunan dalam pengamatan. Tahap-tahap penelitian antara lain (1) Tahap Persiapan (2) Penyusunan Rancangan Penelitian (3) Pelaksanaan penelitian (4) Penyusunan Laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru seni tari telah membuat perangkat pembelajaran seni tari yang terdiri dari Program Tahunan (Prota) Program Semester (Promes) Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan kurikulum KTSP. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran seni budaya sub materi seni tari adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) karena model pembelajaran ini memiliki ii banyak manfaat yang positif dalam pembelajaran seni budaya sub materi seni tari. Pelaksanaan pembelajaran seni tari baik pada standart kompetensi mengapresiasi karya seni tari maupun mengekspresikan diri melalui karya seni tari kelas VIII di SMP Negeri 1 Kras Kediri sudah berjalan dengan sangat baik meskipun ada sedikit kendala namun tidak begitu berpengaruh terhadap kegiatan belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13499 |
Actions (login required)
View Item |