Kinanti, Putri Setianing (2011) Pembelajaran seni tari anak melalui kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Ummu Aiman Lawang / Putri Setianing Kinanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran TariAnak Ekstrakurikuler Pembelajarandiartikansebagaisuatu proses menciptakanlingkungansebaik-baiknya agar terjadikegiatanbelajar yang berdayaguna. Ekstrakurikulermerupakankegiatan yang sejalandenganpendidikan formal maksudnyakegiatan yang diselenggarakan di sekolahtetapi di luar jam pelajaranpedidikan formal.Kegiatanekstrakurikuler yang di pilihsebagaiobyekpenelitianadalahTariAnakdimanakegiatansenibagiseoranganakmerupakansebuahbagian yang melekatdarikehidupan.Dengansenianakdapatmengungkapkankemauandanimajinasinya Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanmetodedan media pembelajaran evaluasihasilpembelajaran faktorpendukungdanpenghambatsenitarianakmelaluikegiatanekstrakurikuler khususnya di SD UmmuAimanLawang.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganteknikpengumpulan data berupaobservasidanwawancara.Analisis data dilakukansecarabersamaanpadasaatpenelitiandengantahap-tahappenelitiansebagaiberikut tahappengumpulan data tahapreduksi tahappenyajian data tahappenarikansimpulan/verifikasi. Penelitimengambillokasipenelitian di SD UmmuAimanLawangdenganinforman guru pembimbingkegiatanekstrakurikulerdankegiatanpembelajaranekstrakurikulersertafotohasildokumentasi. Prosedurpengumpulan data dilakukanberdasarkanjenis data antaralainobservasilangsungdanwawancara. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa Penerapanmetodedalampenyajianmaterimenggunakanmetode yang bervariasimeliputi guru menggunakanmetodeceramah tanyajawab demonstrasi mencontoh penugasan. Kesemuanyaitudilakukanoleh guru sebagaicarauntukberinteraksidengansiswauntukmendukung proses pembelajaran.Padatahapevaluasihasilbelajarmeliputitigaunsurpenilaianyaitupenilaianunsurgerak polalantai danketepataniringanmusik.Faktor yang mendukung proses pembelajaranekstrakurikuleradalahadanyaruanguntukkegiatanekstrakurikulertarisedangkanuntukfaktorpenghambatpembelajaranadalah guru pengajarekstrakurikulertarihanyasatu orang sehinggaapabilatidakmasukakanmenghambat proses pembelajaranekstrakurikulertarimenjaditerhenti disampingituwaktupelaksanaanekstrakurikulerjugabersamaansehinggadapatmenggangguantarapembelajaranekstrakurikuler yang satudengan yang lain. DarihasilpenelitianpembelajaranTariAnakdalamkegiatanekstrakurikuler di SD UmmuAimanLawang kiranyapihaksekolahdapatmenambahtenagapengajarekstrakurikulertariagar pembelajarankegiatanekstrakurikulerdapatberjalanlebih optimal sehingganantinyadapatmemberikanprestasidalambidangsenibagisekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13498 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |