Makna simbolis ragam gerak tari Lengger di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo / Rizky Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna simbolis ragam gerak tari Lengger di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo / Rizky Novitasari

Novitasari, Rizky (2011) Makna simbolis ragam gerak tari Lengger di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo / Rizky Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Makna Simbolis Ragam Gerak Tari Lengger Kesenian lengger merupakan kesenian tradisional kota Probolinggo yang berfungsi sebagai hiburan. Alasan peneliti memilih kesenian lengger dikarenakan pemahaman masyarakat umum terhadap kesenian Lengger masih sebatas dengan sesuatu yang tekstual (tertulis) tetapi pada dasarnya dalam ragam gerak tari lengger mengandung makna-makna simbolis yang berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Sejarah 2) Bentuk penyajian dan 3) Makna simbolis ragam gerak tari lengger. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu Karni ibu Lastri ibu Sariana selaku ledhek dan Drs. Peni Priyono selaku seniman. Lokasi penelitian berada di Pasar Mangunharjo Kota Probolinggo. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan) wawancara dan studi dokumen. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara seleksi data (data reduction) penyajian data (data display) dan penyimpulan data (conslusion drawing). Dan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan peneliti ketekunan/keajegan pengamatan peneliti dan trianggulasi yang terdiri dari trianggulasi sumber serta trianggulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kesenian lengger dipimpin oleh Waris (alm) sejak tahun 1980-1984 dan pada tahun 1984 diwariskan pada Karni sampai saat ini (2) Bentuk penyajian meliputi pembuka/pambuka inti penyajian penutup dan unsur-unsur pendukung meliputi Iringan tata rias tata busana/kostum tata lampu (lighting) tata suara (sound) properti dan tempat pertunjukan dan (3) Ragam geraknya meliputi gerak Majeg melambangkan kemantapan dalam melakukan gerak egolan melambangkan keerotisan wanita lembehan melambangkan sikap pasrah mendekatkan diri kepada Sang Khaliq untal tali melambangkan pertentangan baik dan buruk egol muter melambangkan manusia sedang memutari kiblat (jagad/ dunia) kipatan melambangkan kewaspadaan agar terlindung dari segala sesuatu yang kurang baik penthangan melambangkan penyatuan tujuan dari segala penjuru arah gerak/langkah dan seblak sampur melambangkan gambaran dalam menghalau zat-zat yang negatif. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait untuk mensosialisasikan makna simbolis ragam gerak tari lengger kepada masyarakat agar masyarakat tidak selalu mamandangnya negatif serta agar kesenian lengger terus dikembangkan dan dilestarikan sebagai produk budaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13497

Actions (login required)

View Item View Item