Pembelajaran seni tari pada program pengembangan diri bagi siswa sekolah dasar luar biasa tunagrahita di SLB Pembina Malang / Desi Jatimuning Ratih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran seni tari pada program pengembangan diri bagi siswa sekolah dasar luar biasa tunagrahita di SLB Pembina Malang / Desi Jatimuning Ratih

Ratih, Desi Jatimuning (2011) Pembelajaran seni tari pada program pengembangan diri bagi siswa sekolah dasar luar biasa tunagrahita di SLB Pembina Malang / Desi Jatimuning Ratih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Seni Tari Pengembangan Diri Tunagrahita SLB Pembina. Pengembangan diri merupakan upaya mengaktualisasikan bakat istimewa yang dimiliki anak didik yang diri dilakukan melalui pembelajaran termasuk dalam kurikulum sekolah. Permasalahannya adalah bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran seni tari dalam program pengembangan diri pada siswa Sekolah Dasar Luar Biasa Tunagrahita di SLB Pembina Malang dan faktor- faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pembelajaran seni tari dalam program pengembangan diri pada siswa sekolah dasar luar biasa Tunagrahita dan (2) Faktor-Faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran seni tari dalam pengembangan diri pada siswa Sekolah Dasar Luar Biasa Tunagrahita di SLB Pembina Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data reduksi penyajian data penarikan simpulan dan verifikasi. Peneliti mengambil lokasi penelitian di SLB Pembina Malang dengan sumber data guru pembimbing pengembangan diri seni tari dan guru kelas/walikelas. Prosedur pengumpulan data dilakukan berdasarkan observasi dokumentasi wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran seni tari terdiri dari (a) Perencanaan meliputi tujuan perangkat materi dan media. (b) Pelaksanaan pembelajaran meliputi strategi individualisasi dengan pendekatan individual menggunakan metode demonstrasi drill/latihan (pengulangan) dan mencontoh serta menggunakan model aprentisip (c) Aspek penilaian yang diamati meliputi dapat melakukan gerakan ketepatan ketukan dengan gerakan dapat mengingat gerakan dengan rentang 1-5. (2) Faktor penghambat meliputi kondisi kelas yang kurang kondusif hal tersebut disebabkan guru kurang menguasai kelas dan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran seni tari gaduh serta tenaga pembimbing yang kurang memadai. Faktor-faktor pendukung dalam pembelajaran adalah adanya sarana dan prasarana yang memadai serta antusias siswa mengikuti pembelajaran seni tari. Berdasarkan penelitian ini penulis menyarankan agar pembelajaran seni tari dapat ditingkatkan serta pengorganisasian perangkat pembelajaran tetap terlaksana sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13496

Actions (login required)

View Item View Item