Analisa terhadap indikator dan rublik penilaian pada rencana pelaksanaan pembelajaran seni budaya bidang seni rupa kompetensi ekspresi SMP Brawijaya Smart School / Agustiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa terhadap indikator dan rublik penilaian pada rencana pelaksanaan pembelajaran seni budaya bidang seni rupa kompetensi ekspresi SMP Brawijaya Smart School / Agustiningsih

Dwi Putri (2014) Analisa terhadap indikator dan rublik penilaian pada rencana pelaksanaan pembelajaran seni budaya bidang seni rupa kompetensi ekspresi SMP Brawijaya Smart School / Agustiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustiningsih Dwi Putri. 2014. Analisa Terhadap Indikator dan Rubrik Penilaian Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Bidang Seni Rupa Kompetensi Ekspresi SMP Brawijaya Smart School. Skripsi Jurusan Seni Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Lilik Indrawati M. Pd (2) Ike Ratnawati S. Pd M. Pd. Kata Kunci Penilaian hasil belajar Seni Budaya Seni Rupa Kompetensi Ekspresi Pendidikan Seni Budaya merupakan mata pelajaran yang berbeda dari mata pelajaran yang lain karena pelajaran ini membuat peserta didik menjadi kreatif dalam segala bidang dan individu yang berkarakter. Maka dari itu untuk mengetahui keberhasilan dari kegiatan pembelajaran ini dibutuhkan suatu penilaian hasil belajar yang khusus. Selama menempuh mata kuliah Program Pengalaman Lapangan di Brawijaya Smart School peneliti menemukan permasalahan di dalam Rencana Program Pembelajaran Standar Kompetensi Ekspresi pada Sub Penilaian. Hal itu terlihat dari adanya ketidaksesuaian antara rubrik penilaian dengan indikator pada Rencana Program Pembelajaran Kelas VIII semester I. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SMP Brawijaya Smart School yang terletak di Jalan Cipayung 8-10 Malang. Sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah guru Seni Budaya SMP Brawijaya Smart School dan Rancangan Program Pembelajaran Seni Budaya Kelas VIII Semester I SMP Brawijaya Smart School. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data menggunakan metode wawancara dan analisis dokumen yang digunakan untuk menjaring data tentang (1) Indikator dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran seni budaya bidang seni rupa kompetensi ekspresi SMP Brawijaya Smart School dan (2) Rubrik penilaian dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran seni budaya bidang seni rupa kompetensi ekspresi SMP Brawijaya Smart School Hasil penelitian menunjukkan dua simpulan sebagai berikut. Pertama Rumusan indikator dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran seni budaya bidang seni rupa kompetensi ekspresi SMP Brawijaya Smart School masih belum tepat karena bukti terukur atas tercapainya pembelajaran Seni Budaya bidang seni rupa kompetensi ekspresi yang dilihat dari keberhasilan peserta didik dalam menguasai bahan ajar pengetahuan. Kedua Rubrik penilaian pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran seni budaya bidang seni rupa kompetensi Ekspresi SMP Brawijaya Smart School masih belum tepat. Hal itu dibuktikan oleh aspek penilaian pada rubrik penilaian proses kreasi dan produk karya dalam Rencana Program Pembelajaran yang masih kurang sesuai dengan indikator pembelajaran. Dalam pelaksanaan penilaian Seni Budaya diharapkan guru Seni Budaya lebih memperhatikan ciri perilaku (bukti terukur) yang dapat memberikan gambaran bahwa peserta didik telah mencapai kompetensi ekspresi dan memperhatikan aspek penilaian pada rubrik penilaian proses dan produk karya di dalam Rencana Program Pembelajaran Seni Budaya kompetensi ekspresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13495

Actions (login required)

View Item View Item