Pengembangan media pembelajaran buku bergambar bagi anak low vision di sekolah inklusi SDN Subersari 1 MAlang untuk mata pelajaran sains kelas 4 semester II pokok bahasan sumber daya alam dan teknologi / Eko Budi Elyasi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran buku bergambar bagi anak low vision di sekolah inklusi SDN Subersari 1 MAlang untuk mata pelajaran sains kelas 4 semester II pokok bahasan sumber daya alam dan teknologi / Eko Budi Elyasi

Elyasi, Eko Budi (2010) Pengembangan media pembelajaran buku bergambar bagi anak low vision di sekolah inklusi SDN Subersari 1 MAlang untuk mata pelajaran sains kelas 4 semester II pokok bahasan sumber daya alam dan teknologi / Eko Budi Elyasi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendidikan inklusi Pengembangan media pembelajaran buku bergambar untuk siswa low vision Sains Sekolah Dasar Pendidikan inklusif sebagai sistem layanan pendidikan yang mempersyaratkan agar ABK (anak berkebutuhan khusus) dilayani di sekolah-sekolah terdekat di kelas reguler bersama-sama teman seusianya. Ada beberapa ABK seperti low vision autisme tunarungu tunagrahita tunadaksa dan mereka masing-masing mempunyai guru pendamping khusus. Para ABK juga membutuhkan sebuah media untuk membantu mereka dalam memahami pelajaran. Khususnya anak low vision yang membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu mereka memahami pelajaran dengan baik. Pengembangan media ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran buku bergambar untuk anak low vision guna membantu siswa low vision memahami pelajaran Sains pokok bahasan Sumber Daya Alam dan Teknologi dengan baik. Karena keterbatasannya dalam melihat.maka siswa low vision ini sangat membutuhkan media dan media tersebut adalah media pembelajaran buku bergambar yang dirancang khusus untuk mereka. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Sadiman (2008). Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut antara (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) pengembangan materi pembelajaran (4)menyusun naskah (5) pengembangan alat evaluasi (6) produksi (7) validasi (8) revisi. Hasil pengembangan media pembelajaran buku bergambar ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 95 % ahli materi mencapai tingkat kevalidan 100 % dan audiens mencapai tingkat kevalidan 100%. Berdasarkan hasil pengembangan telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku bergambar yang dirancang khusus dinyatakan valid untuk digunakan siswa low vision dalam proses pembelajaran. Saran yang diberikan berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran buku bergambar ini adalah diharapkan adanya penelitian tentang pengembangan media untuk membantu siswa low vision dalam mengikuti pelajaran. Serta diharapkan ada penelitian pengembangan media lain untuk membantu anak-anak yang berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item