Pemberdayaan masyarakat oleh Badan Usaha Milik Desa Pengembangan Wisata Banjarsari Agro Community / Eni Fauziah Rizky - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberdayaan masyarakat oleh Badan Usaha Milik Desa Pengembangan Wisata Banjarsari Agro Community / Eni Fauziah Rizky

Rizky, Eni Fauziah (2019) Pemberdayaan masyarakat oleh Badan Usaha Milik Desa Pengembangan Wisata Banjarsari Agro Community / Eni Fauziah Rizky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rizky Eni Fauziah. 2019. Pemberdayaan Masyarakat oleh Badan Usaha Milik Desa dalam Pengembangan Wisata Banjarsari Agro Community. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nyoman Ruja S.U (II) Agus Purnomo M.Pd Kata Kunci BAC BUMDes dan Pemberdayaan Tujuan pembangunan desa adalah untuk mensejahterakan masyarakat melalui BUMDes. BUMDes merupakan badan usaha yang dibentuk oleh pemerintah desa dan dikelola bersama dengan masyarakat yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi desa. Desa Banjarsari memiliki lahan pertanian luas yang di proyeksikan sebagai lahan gebyar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Lahan tersebut diresmikan menjadi wisata Banjarsari Agro Commutity pada tahun 2017. Pengembangan wisata BAC diperlukan adanya pemberdayaan kepada masyarakat. Hal ini disebabkan oleh masyarakat yang mengerti kondisi kebutuhan dan sikap masyarakat setempat. Selain itu masyarakat mempunyai peran penting dalam pengambilan keputusan bagi kehidupan dan lingkungannya. Berdasarkan pemaparan di atas fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk pemberdayaan dalam pengembangan wisata BAC (2) Bagaimana peran BUMDes dalam pengembangan wisata BAC (3) Bagaimana perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat yang terlibat BAC . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di Desa Banjarsari Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang. Data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Informan kunci dalam penelitian ini adalah pengelola wisata BAC dan kepala keluarga di Desa Banjarsari sedangkan informan pendukung dalam penelitian ini yaitu perangakat Desa Banjarsari . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama pemberdayaan yang diberikan dalam pengembangan Wisata BAC dilakukan melalui pelibatan dari masyarakat dalam mengelola dan merawat karena masyarakat telah diberikan peluang pekerjaan dan fasilitas dalam mengembangkan usaha. Kedua BUMDes dalam pengembangan Wisata BAC telah memberikan bantuan kepada masyarakat dan wisata berupa sarana yang berada di dalamnya. Sarana tersebut memudahkan masyarakat terutama pengunjung saat berkunjung di Wisata BAC. Ketiga adanya Wisata BAC memberikan dampak positif bagi masyarakat yang terlibat di dalamnya. Masyarakat mendapatkan pekerjaan yang baru dan mendapatkan upah untuk membantu menambah kebutuhan sehari-hari. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah pengaruh setelah adanya Wisata BAC terhadap masyarakat Desa Banjarsari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/133909

Actions (login required)

View Item View Item