Putus sekolah pada remaja putri di Desa Wonosunyo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan / Ardhana Karina Reswari - Repositori Universitas Negeri Malang

Putus sekolah pada remaja putri di Desa Wonosunyo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan / Ardhana Karina Reswari

Reswari, Ardhana Karina (2019) Putus sekolah pada remaja putri di Desa Wonosunyo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan / Ardhana Karina Reswari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Reswari Ardhana Karina. 2019. Putus Sekolah Pada Remaja Putri di Desa Wonosunyo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D (II) Agus Purnomo M.Pd Kata Kunci Putus Sekolah Remaja Putri Pernikahan Usia Dini Tersedianya fasilitas pendidikan di Desa Wonosunyo merupakan bentuk perhatian dari pemerintah untuk menangani kasus putus sekolah akan tetapi harapan pemerintah belum sepenuhnya terjadi. Berdasarkan data lulusan pertama periode 2013-2014 dari Lembaga Pendidikan SMPN 3 Gempol Satu Atap total jumlah siswa-siswi putus sekolah dan memilih menikah di usia dini mencapai 45% sedangkan siswa-siswi yang melanjutkan pendidikan tingkat lanjut yaitu 55% dengan adanya perbandingan tersebut angka putus sekolah di Desa Wonosunyo masih tinggi. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi sosial dan ekonomi orang tua remaja putri yang menikah di usia dini dini . (2) Bagaimana pola asuh orang tua remaja putri putus sekolah yang memilih menikah di usia dini . (3) Apa latar belakang remaja putri memutuskan untuk menikah setelah lulus dari jenjang SMP Negeri 3 Gempol Satu Atap . (4) Apa visi orang tua remaja putri memutuskan anaknya untuk putus sekolah . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti berperan sebagai pengumpul data utama. Lokasi penelitian berada di Desa Wonosunyo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Data diperoleh dari dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan purposive. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan remaja putri di Desa Wonsunyo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis menggunakan model interkatif Miles dan Huberman melalui empat tahap yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Jarak lokasi Desa Wonosunyo ke pusat pelayanan jauh meliputi sarana transportasi dan pendidikan jenjang SMA membuat banyak remaja dan orang tua keberatan melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA. Pola asuh orang tua yaitu pola asuh asuh permisif (Childeren Centered) keluarga yang menikahkan anaknya dengan orang di luar Desa Wonsosunyo memiliki mobilitas vertikal orang tua memiliki tujuan untuk menutupi rasa bersalah menghindari MBA (Marriage by Accident) serta labelling dari masayarakat . Keputusan menikah remaja putri dianggap sudah menjadi tradisi di Desa Wonosunyo lemahnya ekonomi keluarga menjadi pendorong utama keputusan tersebut. Orang tua rela menikahkan anaknya karena ingin lepas dari jeratan kemiskinan dan ingin kehidupan yang lebih baik dengan adanya menantu. Saran bagi peniliti selanjutnya yaitu melakukan penelitian mengenai hamil di luar nikah dan pernikahan siri di Desa Wonosunyo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/133808

Actions (login required)

View Item View Item