Peran Bhikhu Khantidharo Mahathera dalam agama Buddha Theravada di Kota Batu & muatan edukasinya / Shindy Dwi Irawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran Bhikhu Khantidharo Mahathera dalam agama Buddha Theravada di Kota Batu & muatan edukasinya / Shindy Dwi Irawati

Irawati, Shindy Dwi (2019) Peran Bhikhu Khantidharo Mahathera dalam agama Buddha Theravada di Kota Batu & muatan edukasinya / Shindy Dwi Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irawati Shindy Dwi. 2019. Peran Bhikhu Khantidharo Mahathera Dalam Agama Budha Theravada di Kota Batu Muatan Edukasinya. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Ari Sapto M.Hum Kata Kunci Peran Bhikhu Agama Budha Theravada Sekolah Tinggi Agama Budha. Agama Budha Theravada merupakan golongan konservatif yang menyebut dirinya Sthaviravadins yang mana belakangan dikenal dengan bersikap mempertahankan kesederhanaan ajaran Sakyamuni. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peran Bhikkhu Khantidharo Mahathera terhadap agama Buddha Theravada di Vihara Dhammadipa Arama (2) Mendeskripsikan peran Bhikkhu Khantidharo Mahathera terhadap agama Buddha Theravada di Sekolah Tinggi Agama Budha (STAB) Kertarajasa Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian fenomologi karena penulis ingin mengetahui dan mengungkap fenomena yang terjadi mengenai ajaran Agama Buddha Theravada dalam Agama Buddha di Sekolah Tinggi Agama Buddha Kota Batu. Penulis mencari data melalui wawancara mendalam. Berdasarkan hasil analisis dari data yang diperoleh terdapat dua kesimpulan hasil penelitian Pertama mengenai profil Sekolah Tinggi Agama Budha yang berada di dalam Padepokan Vihara Dhammadipa Arama. Kedua mengenai latar belakang pendirian Sekolah Tinggi Agama Budha (STAB) Kertarajasa Kota Batu pada tahun 2000 oleh Bhikhu Khantidharo Mahathera. Melalui kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dijabarkan terdapat beberapa saran yaitu (1) Bagi jurusan sejarah Fakultas Ilmu Sosial diharapkan penelitian mengenai Peran Bhikkhu Khantidharo Mahathera dalam agama Budha Theravada iini dapat memperkaya wawasan mengenai komunitas Budha Theravada khususnya mengenai aktivitas keagamaan aktivitas sosial serta pendidikannya. (2) Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan dengan tema yang sama peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penulisan mengenai perkembangan vihara diberbagai daerah di Indonesia. Dengan harapan penelitian selanjutnya bisa menggali lebih luas mengenai kajian arsitektural kontinuitas ataupun hal menarik lain yang akan menambah wawasan baru bagi pembaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/133636

Actions (login required)

View Item View Item