Pengembangan media e-booklet materi sejarah pemberontakan DI/TII untuk siswa kelas X TKJ 2 SMKN 1 Kepanjen / Nadifa Chuzaima - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-booklet materi sejarah pemberontakan DI/TII untuk siswa kelas X TKJ 2 SMKN 1 Kepanjen / Nadifa Chuzaima

Chuzaima, Nadifa (2019) Pengembangan media e-booklet materi sejarah pemberontakan DI/TII untuk siswa kelas X TKJ 2 SMKN 1 Kepanjen / Nadifa Chuzaima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Chuzaima Nadifa. 2019. Pengembangan E-Booklet Materi Sejarah Pemberontakan DI/TII Untuk Siswa Kelas X TKJ 2 SMKN 1 Kepanjen. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum Kata Kunci Pembelajaran Sejarah Media Pembelajaran E-Booklet Pembelajaran sejarah merupakan suatu aktivitas belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan peserta didik untuk mempelajari dan memahami mengenai peristiwa di masa lampau. Realitanya pembelajaran sejarah di sekolah masih saja mendapatkan stigma negatif. Terdapat argumen-argumen negatif mengenai pembelajaran sejarah di kelas. Salah satunya diungkapkan oleh peserta didik kelas X TKJ 2 di SMKN 1 Kepanjen bernama (Olivia Inggrit 2018) yang menyatakan bahwa pembelajaran sejarah monoton karena kurangnya inovasi selain itu pembelajaran sejarah terlalu banyak menulis. Peneliti berinisiatif untuk mengembangkan media E-Booklet yang nantinya dapat diakses peserta didik melalui smartphone. Materi yang termuat di dalamnya ialah mengenai Pemberontakan DI/TII. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk E-Booklet materi Pemberontakan DI/TII terhadap Pemerintah Indonesia dan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X TKJ 2. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini ialah metode R D milik sugiyono yang terdiri dari 10 langkah-langkah penelitian yakni 1)Potensi dan masalah 2)Pengumpulan Data 3)Desain Produk 4)Validasi Produk 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8)Uji Coba Pemakaian 9)Revisi Produk dan 10)Produksi Massal. Kemudian dilakukan modifikasi atas pertimbangan efisiensi waktu dan tenaga. Hasil yang diperoleh dari validator materi sebesar 44 dari skor maksimal 48. Sementara hasil yang diperoleh dari validator media sebesar 70 dari skor maksimal 72 Setelah melakukan validasi kemudian dilakukan uji coba produk. Uji coba produk dilakukan pada kelas X TKJ 2 di SMKN 1 Kepanjen. Pelaksanaan uji coba produk dibagi menjadi 2 kali pertama uji coba kelompok kecil dan kedua uji coba kelompok besar. Hasil uji coba produk kelompok kecil mendapatkan presentase sebesar 87 61% yang artinya menunjukkan kriteria sangat valid. Kemudian hasil yang diperoleh dari uji coba kelompok besar mendapatkan presentase sebesar 89 93% dan menunjukkan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba produk media E-Booklet dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/133624

Actions (login required)

View Item View Item