Penggunaan metode pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA IT Kyai Sekar Al Amri Probolinggo / Mochamad Habib Nur Amali - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA IT Kyai Sekar Al Amri Probolinggo / Mochamad Habib Nur Amali

Amali, Mochamad Habib Nur (2019) Penggunaan metode pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA IT Kyai Sekar Al Amri Probolinggo / Mochamad Habib Nur Amali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amali Mochamad Habib Nur. 2019. Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA IT Kyai Sekar Al Amri Probolinggo. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci Metode Pembelajaran Jigsaw Hasil Belajar Pembelajaran Sejarah Latar belakang penelitian ini dilakukan atas dasar hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah yang rendah. SMA IT Kyai Sekar Al Amri menerapkan kurikulum terpadu yang merupakan gabungan antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Islam yang dibuat sekolah dan yayasan. Hal tersebut mengakibatkan jam mata pelajaran sejarah hanya diajarkan 2 jam pertemuan per minggu sementara materi yang harus diajarkan banyak. Hasil nilai Ujian Tengah Semester (UTS) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarakan permasalahan tersebut digunakan metode pembelajaran Jigsaw yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui penggunaan metode pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA IT Kyai Sekar Al Amri Probolinggo. (2) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA IT Kyai Sekar Al Amri Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancaran dan dokumentasi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 kali siklus yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X Putra SMA IT Kyai Sekar Al Amri dengan jumlah 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua kesimpulan. Pertama penggunaan metode pembelajaran jigsaw pada penelitian ini terdiri dari dua kali siklus. Pada siklus I pembelajaran berjalan dengan lancar meskipun ada kekurangan seperti siswa yang kurang memahami teknis pergantian kelompok dari kelompok asal ke kelompok ahli. Siklus kedua dilakukan dengan tujuan untuk memantapkan penguasaan siswa terhadap penggunaan metode jigsaw serta untuk membuktikan bahwa metode jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus II pembelajaran menggunakan metode jigsaw berjalan lebih baik dari siklus I. Kedua penggunaan metode Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini ditunjukkan dari meningkatnya nilai rata-rata siswa dan presentase kelulusan. Pada pra-tindakan nilai rata-rata siswa sebesar 69 75 dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 77 83 dan menjadi 82 5 pada siklus II. Presentase kelulusan meningkat dari 42% pada pra-tindakan menjadi 75% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83%. Peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran Jigsaw pada pembelajaran sejarah dengan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/133623

Actions (login required)

View Item View Item