Pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan berpikir tinggi (HOTS) siswa kelas X SMA Modern Al-Rifa'ie 2 Gondanglegi (pada kelas laki-laki) / Rizqa Alfian Febrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan berpikir tinggi (HOTS) siswa kelas X SMA Modern Al-Rifa'ie 2 Gondanglegi (pada kelas laki-laki) / Rizqa Alfian Febrianto

Febrianto, Rizqa Alfian (2019) Pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan berpikir tinggi (HOTS) siswa kelas X SMA Modern Al-Rifa'ie 2 Gondanglegi (pada kelas laki-laki) / Rizqa Alfian Febrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febrianto Rizqa Alfian. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division(STAD) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi(HOTS) Siswa Kelas X SMA Modern Al-Rifa ie 2 Gondang Legi pada Kelas Laki-Laki. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum Kata Kunci Model Pembelajaran STAD Kemampuan Berpikir Tinggi. Model Pembelajaran STAD merupakan salah satu model pembelajaran yang dimana siswa yang berkemampuan tinggi dan siswa yang berkemampuan renda dipasangkan dalam satu kelompok yang rata-rata terdiri dari 5-6 orang siswa sedangkan model pembelajaran konvensional adalah model tradisional yang mentitik beratkan pada metode ceramah dan pemberian tugas. Model pembelajaran STAD digunakan untuk mendorong dan membantu satu sama lain untuk menguasai keterampilan yang diajarkan oleh guru. Berkaitan untuk melihat siswa sudah memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu dengan melihat hasil belajar siswa menggunakan tes berupa soal yang berkaitan dengan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu diperlukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penggunaan metode konvensional dari pendidik ke siswa membuat pelajaran tidak menarik. Siswa dipaksa hanya menghafal dan memahami pengetahuan sejarah secara dari apa yang disampaikan oleh pendidik. Hal ini membuat peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran STAD pada hasil belajar pada siswa kelas X di SMA Modern Al-Rifa ie 2 Gondanglegi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksperimental semu (Quasi-Experimental Design) dengan bentuk desain pretest-posttest-only control design. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran STAD pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Modern Al-Rifa ie 2 Gondanglegi pada kelas laki-laki. Sampel ditentukan kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik post-test untuk mengukur hasil belajar siswa serta dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menghasilkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 76 25 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 70 50. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan nilai hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran STAD dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan tersebut dapat menjadi pertimbangan model pembelajaran STAD menjadi alternatif guna melaksanakan pembelajaran di kelas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/133621

Actions (login required)

View Item View Item