Pengelolaan kelas oleh guru mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMAN 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi / Revanda Genta Bimantara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan kelas oleh guru mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMAN 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi / Revanda Genta Bimantara

Bimantara, Revanda Genta (2019) Pengelolaan kelas oleh guru mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMAN 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi / Revanda Genta Bimantara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bimantara Revanda Genta. 2019. Pengelolaan Kelas oleh Guru Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMAN 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Pembimbing Dr. Ari Sapto M. Hum. Kata kunci Pengelolaan Mata pelajaran sejarah kelas Pengelolaan kelas sebagai pemberian dasar serta penyiapan kondisi bagi terlaksananya proses belajar yang efektif. Pengelolaan kelas meliputi pengelolaan peserta didik maupun pengaturan fasilitas. Manajemen kelas XI IPS SMAN 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi mengacu kepada semua hal yang dilakukan guru matapelajaran sejarah kelas XI IPS untuk mengorganisasikan siswa waktu ruang dan bahan pelajaran agar pembelajaran siswa bisa terjadi dengan baik. Penelitian dilkukan di SMAN 2 Genteng kelas XI IPS. Alasan peneliti melakukan penelitian di kelas XI IPS karena guru matapelajaran sejarah di kelas XI IPS diampu oleh guru yang bukan dari sejarah. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana guru mengelola kelas XI IPS di SMAN 2 Genteng pada matapelajaran sejarah serta permasalahan apa saja yang dihadapi dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. peneliti hanya mengamati kondisi obyek secara alami terkait dengan pelaksanaan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMAN 2 Genteng. Pendekatan kualitatif yang digunakan menghasilkan data secara deskriptif. Data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan guru sejarah dalam melakukan pengelolaan kelas di kelas XI IPS SMAN 2 Genteng. Data akan dilakukan pengecekan keabsahan dan triangulasi sebelum akhirnya dijadikan narasi. Sumber data diperoleh dari dokumentasi observasi dan wawancara yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hasil wawancara peneliti dengan guru dan hasil wawancara peneliti dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan guru mata pelajaran sejarah memiliki keterampilan mengelola kelas dengan baik. Guru memiliki keterampilan sikap tanggap membagi perhatian menegur penguatan serta mampu mengkondisikan kelas menjadi kondusif. Keterampilan dalam mengelola kelas diterapkan oleh guru mata pelajaran sejarah di SMAN 2 Genteng dengan baik karena guru mata pelajaran sejarah di SMAN 2 Genteng sudah memiliki pengalaman mengajar. Kesimpulan dari penelitian adalah guru matapelajaran sejarah di kelas XI IPS SMAN 2 Genteng sudah melakukan pengelolaan kelas dengan baik. Guru mampu mengkondisikan siswa dikarenakan guru sudah memiliki pengalaman dalam mengajar. Saran dari peneliti adalah sebaiknya matapelajaran sejarah di SMA diampu oleh guru dari sejarah supaya memberikan hasil yang baik dengan adanya pengelolaan kelas dan pemahaman guru atas materi sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/133618

Actions (login required)

View Item View Item