Bekti, Wahyu (2013) Pengembangan media pembelajaran interaktif biologi materi gerak tumbuhan kelas VIII MTs Surya Buana Malang / Wahyu Bekti Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Utami Wahyu Bekti. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Biologi Materi Pokok Gerak Tumbuhan Kelas VIII MTs Surya Buana Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si. Kata Kunci media pembelajaran interaktif biologi Media adalah suatu alat atau sarana atau perangkat yang berfungsi sebagai perantara atau saluran atau jembatan dalam kegiatan komunikasi (penyampaian dan penerimaan pesan ) antara kominikator (penyampai pesan ) dan penerima pesan. Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Tujuan pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk media interaktif yang valid dan efektif sebagai sarana pembelajaran mata pelajaran IPA (Biologi) pada materi gerak tumbuhan siswa kelas VIII MTs Surya Buana Malang. Media interaktif pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens yaitu ada beberapa tahapan yaitu tahap analisis dan penilaian tahap desain tahap pengembangan dan implementasi dan tahap evaluasi. Media pembelajaran interaktif ini divalidasikan oleh ahli media ahli materi dan siswa atau audiens. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh total persentase 98 3%. Sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh total persentase 90%. Untuk hasil validasi audiens total persentase untuk uji coba perseorangan 90% uji coba kelompok kecil 85 3% dan uji coba lapangan 85 4%. Hal ini menunjukkan bahwa media interaktif pembelajaran ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Media interaktif ini dinyatakan efektif hal ini terbukti dari hasil belajar siswa yang cukup baik dengan prosentase 78 33% artinya media pembelajaran interaktif ini dapat memberikan efek yang positif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa media interaktif ini cukup layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA (Biologi) dan disarankan agar pihak sekolah lebih meningkatkan pengadaan sarana berupa media pembelajaran sebagai media utama maupun media tambahan dalam kegiatan pembelajaran karena media interaktif ini sudah terbukti sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1329 |
Actions (login required)
View Item |