Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berlatar outdoor study terhadap penerapan konsep mitigasi bencana mata pelajaran geografi siswa kelas XI SMAN 1 Turen Kabupaten Malang / Dewi Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berlatar outdoor study terhadap penerapan konsep mitigasi bencana mata pelajaran geografi siswa kelas XI SMAN 1 Turen Kabupaten Malang / Dewi Nur Azizah

Azizah, Dewi Nur (2019) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berlatar outdoor study terhadap penerapan konsep mitigasi bencana mata pelajaran geografi siswa kelas XI SMAN 1 Turen Kabupaten Malang / Dewi Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nur Dewi Azizah. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berlatar Outdoor Study terhadap Penerapan Konsep Mitigasi Bencana Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMAN 1 Turen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. (II) Nailul Insani S.Pd M.Sc Kata Kunci Model Pembelajaran Berbasis Masalah Outdoor Study Kemampuan Penerapan Konsep Model pembelajaran berbasis masalah berlatar outdoor study merupakan salah satu model pembelajaran yang didasari pada permasalahan dan mengajak siswa aktif belajar baik di dalam maupun di luar kelas. Pembelajaran geografi dengan mempertimbangkan penerapan konsep geografi belum berjalan secara optimal karena lemahnya pembelajaran geografi yang hanya membuat siswa menghafal konsep-konsep yang dipelajari tanpa memahami betul konsep tersebut. Penerapan konsep sangat diperlukan dalam pembelajaran geografi untuk mempermudah siswa menyelesaikan permasalah yang dihadapi. Model ini membuat siswa lebih aktif dan mandiri dalam pembelajaran. Siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri membiasakan bersikap menghargai orang lain dan dapat bekerja sama dengan baik serta menciptakan pembelajaran yang bermakna sehingga mempengaruhi penerapan konsep geografi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berlatar outdoor study terhadap penerapan konsep geografi siswa. Jenis penelitian ini termasuk Quasy Experiment dengan menggunakan rancangan penelitiaan Posttest Only Control Design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Turen kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini menggunakan soal essai yang berjumlah lima butir soal yang sudah melewati uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Uji prasyarat terdiri atas uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan independent sample t-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berlatar outdoor study berpengaruh terhadap penerapan konsep geografi siswa kelas XI SMAN 1 Turen karena dalam proses pembelajaran menjadikan siswa aktif dan memberikan kesan bermakna pada siswa. Pembelajaran yang bermakna membuat siswa akan mudah mengingat konsep-konsep yang telah diajarkan sehingga mempermudah siswa dalam menerapkannya. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (89 1) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (81 3). Hasil uji hipotesis melalui analisis T-Test dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows adalah 0 000. Berdasarkan temuan penelitian terdapat dua saran yang diajukan. Pertama disarankan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berlatar outdoor study pada materi mitigasi bencana. Kedua disarankan bagi peneliti selanjutnya agar mengembangkan hasil penelitian dengan variabel lain dan merencanakan pengelolaan kelas lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/132825

Actions (login required)

View Item View Item