Penerapan model pembelajaran Earth Science the Community (EarthComm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS di MA Sunan Kalijogo Blitar / Fathimatuz Zahro' - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Earth Science the Community (EarthComm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS di MA Sunan Kalijogo Blitar / Fathimatuz Zahro'

Zahro', Fathimatuz (2020) Penerapan model pembelajaran Earth Science the Community (EarthComm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS di MA Sunan Kalijogo Blitar / Fathimatuz Zahro'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zahro Fathimatuz. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Earth Science System In the Community (EarthComm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS di MA Sunan Kalijogo Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. (II) Purwanto S.Pd M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Earth Science System In The Community (Earthcomm) Kemampuan Berpikir Kritis. Permasalahan yang terjadi di dalam kelas salah satunya adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis. Hal tersebut diketahui berdasarkan analisis penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari aspek guru aspek peserta didik aspek sarana-prasarana dan aspek strategi model pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada kompetensi peserta didik khususnya dalam kemampuan bepikir kritis. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu Model Pembelajaran Earth Science System In the Community (EarthComm). Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS MA Sunan Kalijogo Blitar menggunakan model pembelajaran Earth Science System In the Community (EarthComm). Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus yaitu tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Dalam penelitian ini peneliti terlibat langsung di dalam seluruh proses penelitian mulai dari perencanaan penyusunan bahan ajar pelaksanaan pengumpulan data dan penganalisis data. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran lembar tes kemampuan berpikir kritis. Analisis dalam penelitian ini meliputi teknik analisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes kemampuan berpikir kritis disetiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dari siklus I hingga siklus II. Rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 70 25 sedangkan untuk siklus II sebesar 77 55 hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dari siklus I dan siklus II sebesar 7 3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Earth Science System In the Community (EarthComm) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS MA Sunan Kalijogo Blitar. Berdasarkan kesimpulan diatas dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut (1) bagi guru geografi sebaiknya mengefektifkan waktu serta mampu memanajemen kelas dengan baik (2) bagi sekolah sebaiknya memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada semua guru terutama guru geografi dalam pembelajaran mengenai penerapan model pembelajaran yang sesuai K13 (3) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya lebih cermat dan lebih mengupayakan pengkajian teori yang berkaitan dengan model pembelajaran EarthComm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/132803

Actions (login required)

View Item View Item