Pengembangan media video animasi pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam dalam mata pelajaran geografi kelas XI / Muhammad Gilang Hikamsyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video animasi pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam dalam mata pelajaran geografi kelas XI / Muhammad Gilang Hikamsyah

Hikamsyah, Muhammad Gilang (2019) Pengembangan media video animasi pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam dalam mata pelajaran geografi kelas XI / Muhammad Gilang Hikamsyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hikamsyah M. G. 2019. Pengembangan Media Video Animasi Pada Materi Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Dalam Mata Pelajaran Geografi Kelas XI. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Video Animasi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Pengembangan media video animasi dilakukan berdasarkan perumusan tujuan analisis ketubuhan dan kelemahan produk sebelumnya. Media video animasi dikembangkan untuk menambah kuantitas media dalam pembelajaran dan menarik minat dan motivasi belajar siswa. Materi yang membutuhkan video animasi yaitu materi yang memerlukan visualisasi agar tidak menimbulkan persepsi ganda. Materi mitigasi dan adaptasi bencana alam memerlukan video animasi untuk menjelaskan konsep proses terjadinya persebaran wilayah bencana dan mitigasi bencana alam secara visual. Penggunaan media video animasi pada materi tersebut untuk menarik minat dan mempermudah siswa dalam memahaminya. Topik yang dipilih pada media video animasi ini yaitu bencana tsunami. Tujuan pengembangan ini adalah memproduksi media pembelajaran video animasi pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam untuk kelas XI MAN 3 Kediri. Media video animasi ini diharapkan dapat meningkatkan minat motivasi belajar dan pemahaman siswa mengenai materi. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan prosedur penelitian yaitu perumusan tujuan mendesain media memproduksi media memvalidasi media melakukan uji coba dan evaluasi. Validasi dilakukan oleh tiga ahli yaitu ahli media ahli materi dan ahli bahasa berupa saran dan rekomendasi produk. Uji coba produk dilakukan kepada 37 siswa kelas XI IPS 1 dan guru Geografi kelas XI MAN 3 Kediri. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan tinjauan dari para ahli secara umum media yang telah dikembangkan sudah layak tetapi masih perlu beberapa perbaikan sebelum diujicobakan. Perbaikan tersebut terletak pada desain media ketepatan materi dan penggunaan bahasa. Hasil uji coba produk berdasarkan kelayakannya yaitu 56.76% sangat layak dan 43.24% layak dengan nilai pada setiap aspeknya yaitu kemenarikan 81.35 minat dan motivasi 86.15 kesesuaian 78.72 dan pemahaman 82.16 sedangkan untuk tes pemahaman 48.65% sangat efektif dan 51.35% efektif. Disarankan pada guru Geografi untuk menggunakan media pembelajaran ini di kelas khususnya untuk menjelaskan materi mitigasi dan adaptasi bencana tsunami. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadi contoh media pembelajaran dalam mengembangkan media yang sejenis pada fokus materi yang berbeda. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/132729

Actions (login required)

View Item View Item