Peningkatan kemampuan mengapresiasi karya seni rupa terapan dengan pendekatan struktural melalui model pembeljaran kooperatif pada siswa kelas VII akselerasi SMP Negeri I Malang / Trien Hariyati Harsono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengapresiasi karya seni rupa terapan dengan pendekatan struktural melalui model pembeljaran kooperatif pada siswa kelas VII akselerasi SMP Negeri I Malang / Trien Hariyati Harsono

Trien Hariyati (2010) Peningkatan kemampuan mengapresiasi karya seni rupa terapan dengan pendekatan struktural melalui model pembeljaran kooperatif pada siswa kelas VII akselerasi SMP Negeri I Malang / Trien Hariyati Harsono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harsono Trien Hariyati 2009. Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Karya Seni Rupa Terapan Dengan Pendekatan Struktural Melalui Model Pembelajarn Kooperatif Pada Siswa kelas VII Akselerasi SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Tjitjik Sri Wardhani M.Pd. (II) Drs. Andi Harisman. Kata kunci kemampuan apresiasi seni rupa terapan pembelajaran kooperatif model struktural SMP. Penelitian ini dilaksanakan dengan pertimbangan kemampuan siswa SMP Negeri 1 Malang dalam karya mengapresiasi karya seni rupa terapan masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan tersebut terlihat dari hasil mengapresiasi karya seni rupa terapan pada pembelajaran sebelumnya kemampuan mengapresiasi belum maksimal yang disebabkan oleh kebiasaan siswa mengapresiasi melalui buku penunjang atau LKS dan belum terbiasa mengapresiasi melalui layar LCD atau melihat langsung ketempat obyek. Oleh karena itu berdasaarkan hasil diskusi dan refleksi terhadap kondisi tersebut pemberian pengetahuan secara prosedural melalui metode pembelajaran kooperatif model struktural diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasi karya seni rupa terapan siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan rancangan nelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktifitas siswa lembar pengamatan aktifitas guru lembar pedoman wawancara dan instrumen tes pengamatan/observasi tehnik wawancara dan tehnik dokumentasi dengan subyek kelas VII akselerasi di SMP Negeri 1 Malang yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru seni budaya. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa melalui metode pembelajaran kooperatif model struktural dalam proses pembelajaran dapat (1) Meningkatkan pengetahuan kemampuan mengapresiasi karya seni rupa terapan kelas VII Akse erasi SMP Negeri 1 Malang. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus II 95% yang mengalami peningkatan dari siklus I (2) Meningkatkan kulitas mengapresiasi karya seni rupa terapan siswa kelas VII Akselerasi SMP Negeri 1 Malang .Hal ini dapat dilihat dari belajar siswa pada siklus II 95% yang mengalami peningkatan dari siklus I (3) meningkatkan kemampuan mengapresiasi karya seni rupa terapan metode pembelajaran kooperatif model struktural siswa kelas VII Akselerasi SMP Negeri 1 Malang.Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus II 95% yang mengalami peningkatan dari siklus I

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13256

Actions (login required)

View Item View Item