Baitullah, Ahmad Rizal (2019) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media visual untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa mata pelajaran geografi kelas X IPS C SMAN 1 Singosari / Ahmad Rizal Baitullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Baitullah Ahmad Rizal Baitullah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas X Ips C Sman 1 Singosari. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M. Si (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M. Si Kata Kunci inkuiri terbimbing media visual kemampuan berpikir analisis Praktik pembelajaran Kurikulum 2013 menghendaki terciptanya suasana pembelajaran yang ideal sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Permasalahan pendidikan abad ke-21 di Indonesia sangat banyak hingga menjadikan pendidikan di Indonesia memiliki kualitas rendah. Salah satu faktor yang mencerminkan rendahnya kualitas pendidikan adalah kemampuan anlitis siswa yang rendah. Berpikir analisis merupakan tahapan paling awal namun bukan berarti tidak penting dalam proses pembelajaran melainkan untuk mecapai pembelajaran dalam ranah kognitif selanjutnya maka wajib dilakukan tahap kognitif berpikir analisis. Pengoptimalan kemampuan berpikir analisis bagi peserta didik dapat diasah dengan menggunakan model pembelajaran yang mengaitkan materi dengan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari misalnya model Inkuiri Terbimbing. Model Inkuiri Terbimbing dapat melatih peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi berpikir kreatif kritis dan analitis untuk menyelidiki penyebab permasalahan yang intens dibimbing oleh guru setipa kegiatanya. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dibantu menggunkan media visual. Penggunaan media visual untuk mempermudah ketika penyampaian materi sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis mereka dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peniingkatan kemampuan berpikir peserta didik dengan menggunakan Inkuiri Terbimbing berbantuan dengan media visual di Kelas X IPS C SMAN 1 Singosari pada Mata Pelajaran Geografi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X IPS C yang berisi 36 peserta didik. Jenis penelitian yang digunkan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penilitian tindakan kelas diawali dengan perencanaan melakukan tindakan mengamati proses penelitan dan refleksi menggunakan dua siklus. Setiap siklus yang diterapakan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan pedoma sintak Inkuiri Terbimbing dalam kegiatanya. Kegiatan inti dalam pembelajaran yaitu 1) Orientasi (2) merumuskan masalah (3) merumuskan hipotesis (4) mengumpulkan data (5) menguji hipotesis (6) membuat kesimpulan yang dibimbing oleh guru secara intesnif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan media visual mampu meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa. Kemampauan berpikir analisis peserta didik pada siklus pertama dengan nilai rata rata 69 83 dibanding nilai pra tindakan dengan rata rata 58.00 sehingga persentase kenaikan sebesar 19 64%. Pada siklus dua nilai rata rata peserta didik senilai 78 72 naik sebesar 13 54% dari sikulus sebelumnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan meodel pembelajaran Inkuri Terbimbing Berbantuan Media Visual pada materi geografi kela X IPS C SMAN 1 Singosari berhasil meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/132525 |
Actions (login required)
View Item |