Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar geografi siswa kelas X IIS SMAN 3 Batu / Sari Mutiara Nainggolan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar geografi siswa kelas X IIS SMAN 3 Batu / Sari Mutiara Nainggolan

Nainggolan, Sari Mutiara (2019) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar geografi siswa kelas X IIS SMAN 3 Batu / Sari Mutiara Nainggolan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS 2 SMAN 3 BATU Sari Mutiara Nainggolan1)) Ardyanto Tanjung3) Marhadi Slamet Kistiyanto2 E-mail sarinainggolan97 gmail.com Prodi S1 Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5 Malang Abstrak Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan berpikir yang harus dikembangkan dalam proses pembelajaran berlangsung. Kemampuan berpikir kritis ini dapat dikembangkan dengan model pembelajaran yang tepat pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada model pembelajaran menggunakan Prolem Based Learning terdapat tahapan-tahapan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tahapan model pembelajaran tersebut terdiri dari 1) Orientasi siswa pada masalah 2) Mengorganisasikan siswa untuk belajar 3) membimbing pengalaman individual/kelompok 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa di kelas X IPS 2 SMAN 3 Batu melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus memilki 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi.subyek penelitian adalah siswa kelas X IPS 2 SMA N 3 Batu sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan motivasi belajar siswa dilihat dari rata-rata skor tes kemampuan berpikir kritis dan hasil angket motivasi belajar siswa. Siklus I rata-rata nilai adalah 66 78 dan siklus II adalah 78 90 peningkatan persentasi sebesar 12.65. Sedangkan hasil angket belajar siswa pada siklus I adalah 79 56 dan siklus II adalah 80.14 persentasi peningkatan sebesar 13.50. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN 3 Batu pada mata pelajaran geografi Kata Kunci Model Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/132509

Actions (login required)

View Item View Item