Sirindom, Fitri (2019) Kesiapan guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 revisi di SMA/MA Negeri se-kota Malang / Fitri Sirindom. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Sirindom Fitri. 2019. Kesiapan Guru Geografi dalam Implementasi Kurikulum 2013 Revisi di SMA/MA Negeri se-Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Kesiapan Guru Geografi Kurikulum 2013 Revisi Sejak tahun 1947 hingga sekarang Indonesia telah mengalami perubahan kurikulum sebanyak 12 kali. Kurikulum yang saat ini tengah diterapkan adalah kurikulum 2013 revisi yang merupakan hasil penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Terdapat perbedaan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum 2013 revisi. Perbedaan kedua kurikulum tersebut terletak pada gerakan literasi 4C (Creative Critical thinking Communicative dan Collaborative) HOTS (Higher Order Thinking Skill) serta Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Kurikulum 2013 revisi juga sangat memperhitungkan kemampuan pedagogis guru sebagai salah satu indikator keberhasilan implementasi kurikulum 2013 revisi. Penelitian yang berjudul Kesiapan Guru Geografi dalam Implementasi Kurikulum 2013 Revisi di SMA/MA Negeri se-Kota Malang yang dilakukan peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu (1) kesiapan guru geografi dalam merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan implementasi kurikulum 2013 revisi di SMA/MA Negeri Se-Kota Malang (2) kesiapan guru geografi dalam melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan implementasi kurikulum 2013 revisi di SMA/MA Negeri Se-Kota Malang serta (3) kesiapan guru geografi dalam evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan implementasi kurikulum 2013 revisi di SMA/MA Negeri Se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian yaitu seluruh guru geografi di SMA/MA Negeri Se-Kota Malang sampel penelitian ini adalah guru geografi yang mengajar di kelas X XI dan XI pada tiap sekolah di SMA/MA Negeri Se-Kota Malang. Pengolahan data yang digunakan adalah dengan teknik scoring atau penyekoran dan tabulasi sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 revisi di SMA/MA Negeri Se-Kota Malang pada tingkat pengenalan yaitu kurang mendapat pengenalan. Hal tersebut memicu adanya kendala saat mengimplementasikannya. Kendala yang muncul mempengaruhi kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 revisi baik dalam ranah perencanaan pelaksanaan maupun evaluasi pembelajaran. Sehingga perlu adanya evaluasi atau peninjauan kembali dari lembaga-lembaga terkait untuk meminimalisir kendala dalam implementasi kurikulum 2013 revisi di sekolah agar tujuan pembelajaran yang dirancang dapat berjalan efektif dan sesuai dengan standart kompetensi yang ingin di capai pada kurikulum 2013 revisi sehingga kualitas pembelajaran semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/132506 |
Actions (login required)
View Item |