Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas X IIS MA Bilingual Batu / Syaulin Dzikrulloh Dirgantara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas X IIS MA Bilingual Batu / Syaulin Dzikrulloh Dirgantara

Dirgantara, Syaulin Dzikrulloh (2019) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas X IIS MA Bilingual Batu / Syaulin Dzikrulloh Dirgantara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dirgantara Syaulin Dzikrulloh. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IIS MA Bilingual Batu. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H. M.Pd M.Si (2) Drs. Rudi Hartono M.Si Kata Kunci Model Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Motivasi Belajar Kemampuan berpikir kritis penting dimiliki peserta didik dalam pembelajaran geografi dan sebagai bekal menghadapi tantangan kehidupan. Kemampuan tersebut dapat dikembangkan melalui model PBL. Model ini dirancang untuk menghadapkan peserta didik pada permasalahan yang kontekstual dan aktual sehingga dapat melatih kemampuan berpikir kritisnya melalui proses pemecahan masalah. Selain itu motivasi belajar diduga turut menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas X IIS MA Bilingual Batu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian posttest only control group. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS MA Bilingual Batu dengan sampel penelitian kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis berupa tes menggunakan instrumen soal esai yang terdiri dari 5 soal. Adapun teknik pengumpulan data motivasi belajar berupa pengisian kuisioner menggunakan instrumen angket yang terdiri dari 25 pernyataan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji beda parametrik yang meliputi uji-t dan uji-F dengan taraf signifikansi 5% Hasil pengujian hipotesis pertama dengan metode uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0 007 0 05 dan nilai rerata kelas eksperimen (66 88) nilai rerata kelas kontrol (60 35). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil pengujian hipotesis kedua dengan metode uji-F menunjukkan nilai signifikansi 0 007 0 05 dan nilai rerata kelas eksperimen nilai rerata kelas kontrol ditinjau dari motivasi belajarnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan kesimpulan dalam penelitian ini maka dapat diajukan beberapa saran bagi pihat terkait. Bagi guru disarankan untuk menerapkan model PBL sebagai alternatif model pembelajaran terutama pada mata pelajaran geografi. Bagi sekolah disarankan untuk menentukan kebijakan dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Bagi peneliti lebih lanjut yang akan melakukan penelitian sejenis disarankan untuk mengembangkan penelitian ini dengan mengkombinasikan mengganti atau menambahkan variabel tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/132503

Actions (login required)

View Item View Item