Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam materi mitigasi bencana untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Siti Aizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam materi mitigasi bencana untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Siti Aizah

Aizah, Siti (2019) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam materi mitigasi bencana untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Siti Aizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aizah Siti. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Materi Mitigasi Bencana untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI IIS 4 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang.Skripsi. Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. (II) Drs. Rudi Hartono M.Si. Kata Kunci Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kemampuan Berpikir Analitis Berdasarkan data hasil observasi yang dilakukan pada masa Kajian Praktek Lapangan (KPL) diketahui bahwa tingkat kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IIS4 SMAN 1 Lawang untuk mata pelajaran geografi masih tergolong rendah. Hal tersebut dibuktikan pada saat kegiatan pembelajaran siswa belum mampu menguraikan penjelasan secara runtut dan analitis. Selain itu hasil observasi juga menunjukkan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru kelas tersebut masih menggunakan metode konvensional.oleh karena itu peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 1 Lawang. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IIS 4 SMA Negeri 1 lawang dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 35 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan perbandingan hasil tes kemampuan berpikir analitis pada tahap pra tindakan siklus I dan siklus II. Pengukuran kemampuan berpikir analitis siswa ini dihitung berdasarkan nilai perbandingan rerata hasil tes yang diberikan di tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis pada siswa kelas XI IIS4. Adapun peningkatan dari tahap pra tindakan ke siklus I sebesar 8 1% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 11 21%. Rerata nilai yang diperoleh pada siklus I sebesar 71 63 dengan kriteria cukup baik dan meningkat pada siklus 2 sebesar 79 66 dengan kriteria baik. Berdasarkan temuan yang diperoleh selama penelitian diketahui bahwa sintak/tahapan ketiga keempat dan kelima dari model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada pembelajaran kontekstual sehingga siswa dapat menggali pengetahuan secara mandiri. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran berbasis masalah karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/132498

Actions (login required)

View Item View Item