Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap pemahaman konsep geografi kelas XI MA Nurul Ulum Malang / Taufiq Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap pemahaman konsep geografi kelas XI MA Nurul Ulum Malang / Taufiq Hakim

Hakim, Taufiq (2019) Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap pemahaman konsep geografi kelas XI MA Nurul Ulum Malang / Taufiq Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hakim Taufiq. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Pemahaman Konsep Geografi Kelas XI MA Nurul Ulum Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Dra. Yuswanti AW M.Si Kata kunci model group investigation pemahaman konsep geografi Kenyataan di lapangan saat ini pemahaman konsep geografi masih menjadi masalah bagi sebagian peserta didik ditingkat SMA/MA hal ditunjukan dengan sering ditemuinya kesalahan persepsi antara konsep satu dengan konsep yang lain. Salah satu model pembelajaran yang bagus untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta adalah model pembelajaran Group Investigation. Kelebihan model pembelajaran GI peserta didik peserta didik lebih terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mampu mengembangkan kemampuan interpersonal pada peserta didik sedangkan kekurangan model pembelajaran GI membutuhkan waktu yang lama dan persiapan yang matang namun masalah tersebut dapat diatasi apabila guru dengan mempersiapkan rancangan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pre Test dan Post Test Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di MA Nurul Ulum Malang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IS-1 sebagai kelas eksperimen dan XI IS-2 sebagai kelas kontrol. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik setelah perlakuan pada kedua kelas. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pre-test dan post-test yang terdiri dari tiga soal uraian. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep Geografi kelas XI MA Nurul Ulum. Berdasarkan hasil analisa menggunakan uji Independent t-test diperoleh nilai signifikan sebesar 0 028. Nilai rata-rata gain score kemampuan berpikir konsep peserta didik di kelas eksperimen adalah 13 67 lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 9 06. Sehingga model pembelajaran group investigation berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Saran yang dapat diberikan diharapkan memberi manfaat antara lain 1) sekolah disarankan menganjurkan kepada guru untuk menerapkan model group investigation dalam pembelajaran 2) guru disarankan menerapkan model group investigation sebagai alternatif pembelajaran dan untuk melatih kemampuan pemahaman konsep siswa 3) peneliti lanjut yang berminat melakukan penelitian serupa dapat menambah variabel dalam penelitian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/132491

Actions (login required)

View Item View Item