Pengaruh model pembelajaran Meabs-Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI-IS SMA Budi Mulia Karawang / Faza Difa Setyanti Fuadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Meabs-Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI-IS SMA Budi Mulia Karawang / Faza Difa Setyanti Fuadi

Fuadi, Faza Difa Setyanti (2019) Pengaruh model pembelajaran Meabs-Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI-IS SMA Budi Mulia Karawang / Faza Difa Setyanti Fuadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fuadi Faza Difa Setyanti. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI-IS SMA Budi Mulia Karawang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Syamsul Bachri S.Si M.Sc. Ph.D. Kata kunci Means Ends Analysis (MEA) Kemampuan berpikir kritis Guru dapat menciptakan suasana yang menarik perhatian siswa dalam pembelajaran disekolah dengan memanfaatkan berbagai model pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran yang dilaksnakan berlangsung optimal. Pembelajaran geografi diharapkan dapat menstimulus siswa berpikir kritis dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Pembelajaran dengan menggunakan model MEA dapat membuat siswa berpikir kritis dan lebih aktif karena dalam model pembelajaran MEA mengharuskan siswa menganalisis materi dengan caranya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MEA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Budi Mulia Karawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan Pre Test dan Post Test Group Design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal Pretest dan Posttest yang terdiri dari lima soal essay. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Non-Parametrik Test dengan Mann Withney dan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran MEA terhadap kemampuanberpikir kritis siswa SMA Budi Mulia Karawang. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pretest dan posttest kelas eksperimen yang memiliki nilai rata-rata gain score lebih tinggi yaitu 20 33 daripada kelas kontrol yaitu 8 3. Saran yang diajukan untuk Guru bidang studi geografi yaitu untuk menggunakan model pembelajaran MEA sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Saran untuk peneliti lanjutan yaitu menguji cobakan Model Pembelajaran MEA pada materi yang berbeda dalam bidang studi geografi dan jenjang kelas atau sekolah yang lebih tinggi. Selain itu disarankan pula untuk mengkolaborasi model pembelajaran MEA dengan model pembelajaran yang lain agar mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis geografi siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/132488

Actions (login required)

View Item View Item