Kurniawan, Roby Wahyu (2019) Pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu / Roby Wahyu Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Kurniawan. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Budi Handoyo M.Si. pembimbing II Dr. Didik Taryana M.Si. Kata kunci Inquiry Berpikir Analitis Pengaruh Inquiry terhadap Berpikir Analitis Praktik pembelajaran Kurikulum 2013 menghendaki terciptanya suasana pembelajaran yang ideal sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pembelajaran diarahkan untuk mendorong peserta didik mencari tahu dari berbagai sumber observasi bukan diberi tahu mampu merumuskan masalah (menanya) bukan hanya menyelesaikan masalah (menjawab) melatih berpikir analitis (pengambilan keputusan) bukan berpikir mekanistis (rutin) dan menekankan pentingnya kerjasama dan kolaborasi dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan berpikir analitis perlu dioptimalkan bagi peserta didik dalam proses pembelajaran abad ke-21. Begitupula dalam kegiatan pembelajaran pada Mata Pelajaran Geografi yang menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menganalisis fenomena geosfer. Pengaplikasian kemampuan berpikir analitis bagi peserta didik dapat diasah dengan menggunakan model pembelajaran yang mengaitkan materi dengan permasalahan di kehidupan sehari-hari. Misalnya menggunakan model pembelajaran Inquiry dimana model ini dapat melatih peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi berpikir kreatif kritis dan analitis untuk menyelidiki penyebab permasalahan. Model Pembelajaran Inquiry dilaksanakan dengan bimbingan seorang guru agar memudahkan peserta didik dalam menganalisis suatu permasalahan sehingga terdapat peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap berpikir analitis siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS MAN Kota Batu pada materi Mitigasi Bencana Alam. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengukuran berpikir analitis siswa berupa soal yang diberikan pada saat postest. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t pada taraf signifikasi 945 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan berpikir analitis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata berpikir analitis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 82.13 dan 72.09. Hasil uji t pada taraf signifikasi 945 5% adalah 0.000 0.05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiry berpengaruh terhadap berpikir analitis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/132480 |
Actions (login required)
View Item |