Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya kelas 8 di SMP Negeri 1 Malang / M. Dwi Cahyadi Prihatmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya kelas 8 di SMP Negeri 1 Malang / M. Dwi Cahyadi Prihatmoko

M. Dwi Cahyadi (2010) Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya kelas 8 di SMP Negeri 1 Malang / M. Dwi Cahyadi Prihatmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prihatmoko M. Dwi Cahyadi. 2009. Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas 8 di SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Purwatiningsih M. Pd (II) Drs. Andi Harisman. Kata kunci jenis media pembelajaran penggunaan media peranan Media. Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup. Salah satu pertanda bahwa seorang telah belajar suatu adalah perubahan tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tingkah laku tersebut menyangkut baik perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (apektif). Dalam pembelajaran dikenal berbagai media yang digunakan sebagai pendukung berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media siswa akan lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran jenis media pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas 8 pada materi menggambar ilustrasi di SMP Negeri 1 Malang (2) mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran Seni Budaya pada materi menggambar ilustrasi kelas 8 di SMP Negeri 1 Malang (3) mengetahui gambaran peranan media pembelajaran dalam mata pelajaran Seni Budaya pada materi menggambar ilustrasi kelas 8 di SMP Negeri 1 Malang. Rancangan penelitian ini adalah menggunakan jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan angket terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebesar 50 8% siswa menyatakan jenis media pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas 8 pada materi menggambar ilustrasi di SMP Negeri 1 Malang cukup baik. Sebesar 59 6% siswa menyatakan penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas 8 pada materi menggambar ilustrasi baik. Sebesar 42 6% siswa menyatakan peranan media pembelajaran dalam mata pelajaran Seni Budaya pada materi menggambar ilustrasi kelas 8 di SMP Negeri 1 Malang cukup baik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa jenis media pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas 8 pada materi menggambar ilustrasi mempunyai kriteria cukup baik penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran Seni Budaya pada materi menggambar ilustrasi kelas 8 mempunyai kriteria baik dan peranan media pembelajaran dalam mata pelajaran Seni Budaya pada materi menggambar ilustrasi kelas 8 di SMP Negeri 1 Malang mempunyai kriteria cukup baik. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan (1) Sekolah diharapkan dapat terus mengembangkan pola pembelajaran baik Seni Budaya ataupun pelajaran lain. (2) Guru diharapkan dapat semaksimal mungkin memberikan yang terbaik pada siswa. (3) Pembaca khususnya pelaku pendidikan harus mengerti bahwa banyak hal yang perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan. (4) Penelitian selanjutnya disarankan diadakan tindak lanjut penelitian yang serupa tetapi pada subjek yang berbeda. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13242

Actions (login required)

View Item View Item