Proses berkarya tugas akhir siswa kelas XII Program Keahlian Kriya Keramik SMK Negeri 5 Malang tahun ajaran 2007-2008 / Hady Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berkarya tugas akhir siswa kelas XII Program Keahlian Kriya Keramik SMK Negeri 5 Malang tahun ajaran 2007-2008 / Hady Susanto

Hady (2009) Proses berkarya tugas akhir siswa kelas XII Program Keahlian Kriya Keramik SMK Negeri 5 Malang tahun ajaran 2007-2008 / Hady Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanto Hady. 2009. Proses Berkarya Tugas Akhir Siswa Kelas XII Program Keahlian Kriya Keramik SMK Negeri 5 Malang Tahun Ajaran 2007-2008. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Pujianto M.Sn (II) Drs. Ponimin M.Hum. Kata Kunci Teknik Pembentukan Keramik SMK Negeri 5 Malang. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Malang adalah sekolah yang telah dicanangkan sabagai Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dan salah satunya adalah Program Keahlian Kriya Keramik. Berdasarkan pengamatan di lapangan khususnya untuk karya tugas akhir siswa (TA) kelas XII Program Keahlian Kriya Keramik SMK Negeri 5 Malang tahun ajaran 2007- 2008 terdapat masalah dalam teknik membuat karya tugas akhir (TA). Masalah yang terjadi pada karya TA siswa kelas XII adalah pemilihan teknik dalam proses pembentukan karya TA yaitu teknik-teknik yang sederhana. Hal ini mempengaruhi hasil karya TA dengan hasil yang biasa-biasa saja kurang menarik dan tidak inovatif. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang masih lebih baik dan lebih berani menghadapi resiko dengan memilih teknik yang lebih sulit. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti hasil karya tugas akhir (TA) berdasarkan keragaman teknik yang diterapkan para siswa. Untuk mengetahui teknik pembentukan keramik yang diterapkan oleh para siswa kelas XII untuk membuat karya tugas akhir (TA) tersebut dilakukan dengan cara mewawancarai mengobservasi dan mengkaji dokumen tentang teknik pembentukan keramik yang diterapkan oleh para siswa kelas XII untuk membuat karya tugas akhir (TA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang teknik pembentukan keramik yang diterapkan oleh para siswa kelas XII untuk membuat karya tugas akhir (TA). Diharapkan penelitian ini akan menjadi masukan bagi para semua guru SMK Negeri 5 Malang dan calon guru seni rupa dan kerajinan yang akan memberikan pembelajaran tentang praktik membuat karya keramik serta bagi peneliti diharapkan menjadi tambahan pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan pembelajaran serta penilaiannya terhadap karya/produk keramik atau produk-produk seni rupa lainnya. Data dan sumber data pada penelitian ini adalah Ketua Program Keahlian guru pembimbing dan dokumen yang mendukung penelitian tentang teknik pembentukan keramik yang diterapkan oleh para siswa kelas XII untuk membuat karya tugas akhir (TA) Tahun Ajaran 2007-2008 di SMK Negeri 5 Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret s/d Mei tahun 2008 tahun ajaran 2007-2008. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Analisa yang digunakan adalah model studi kasus tunggal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada proses pembuatan proposal para siswa cenderung ambil mudahnya saja yaitu terlihat siswa hanya membuat produk yang sederhana saja tanpa harus mengadakan survei pasar. Pada tahap pelaksanaan terdiri dari 3 proses pembentukan siswa kebanyakan menerapkan teknik cetak tuang dan teknik slab walaupun 2 siswa diantara 14 siswa lainnya menggunakan teknik bebas. Pada tahap akhir/finishing menggunakan teknik engobe teknik toreh/inclay teknik sqraffito dan teknik slip trailling. Selain itu beberapa siswa menggunakan teknik menghias karyanya setelah dibakar yaitu dengan penambahan aksesoris seperti tali pengait dan lainnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut. Misalnya apresiasi karya Tugas Akhir siswa kelas XII SMK Negeri 5 Malang atau metode/ strategi pembelajaran keramik untuk berbagai tingkat pendidikan serta penelitian tentang perilaku di dunia pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif atau dengan menggunakan pendekatan kritik holistik untuk penelitian tentang apresiasi karya keramik. Bagi Ketua Program Keahlian dan guru pembimbing TA disarankan agar dalam melakukan bimbingan siswa dituntut untuk lebih inovatif juga dalam pemilihan teknik pembentukan keramik harus bisa menerapkan semuanya materi praktik yang telah diajarkan. Selain itu siswa diharuskan melakukan survei pasar sebelum membuat konsep untuk berkarya agar karya-karya TA siswa tidak ketinggalan jaman (out of date).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13229

Actions (login required)

View Item View Item