Kesenian jaranan turonggo yakso sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis / Andri Puguh Triworo - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesenian jaranan turonggo yakso sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis / Andri Puguh Triworo

Triworo, Andri Puguh (2019) Kesenian jaranan turonggo yakso sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis / Andri Puguh Triworo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Puguh Triworo Andri. 2018. Kesenian Jaranan Turonggo Yakso sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci Keseniaan Turonggo Yakso Penciptaan Karya Seni Lukis. Kabupaten Trenggalek memiliki kesenin jaranan yakni Kesenian Jaranan Turonggo Yakso. Munculnya Kesenian Jaranan Tari Turonggo Yakso mempunyai latar belakang sejarah yang terkai erat dengan upacara adat di Kecamatan Dongko (daerah awal lahirnya Kesenian Jaranan Turonggo Yakso) yang disebut Upacara Baritan. Hal tersebut adalah alasan penulis mengambil tema Turonggo Yakso karena untuk mengangkat salah satu kesenian Kabupaten Trenggalek. Kesenian Jaranan Turonggo Yakso hanya di kenal masyarakat Trenggalek saja. Padahal potensi budaya yang terkandung pada pagelaran tersebut mendalam terutama unsur kebudayaan jawa. Mengenalkan Kesenian Jaranan Turonggo Yakso lewat karya seni diharapkan dapat mudah diterima masyarakat luar Trenggalek khususnya para generasi muda. Oleh karena itu pencipta menjadikannya sumber ide atau gagasan dalam penciptaan melalui karya seni lukis. Metode penciptaan yang digunakan menggunakan metode Alma Hawkins yang memiliki tiga tahapan yaitu eksplorasi berupa kegiatan pengamatan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan unsur tematik yang akan diangkat. Kemudian eksperimentasi berupa pembentukan beberapa rancangan yang diseleksi untuk diwujudkan dan dipakai sebagai acuan dalam penciptaan karya. Serta pembentukan berupa penerapan sketsa pada bidang kanvas. Penciptaan ini menghasilkan 6 karya seni lukis yang berjudul Do a kepada Sang Hyang Penampakan Sang Ksatria Yakso si Dadung Awuk Laskar Celeng Berhala dan Kemenangan Dadung Awuk dengan media estetik berupa titik garis bentuk dan ruang warna serta tekstur sebagai simbolisasi dari konsep. Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada pencipta maupun orang lain dalam mempelajari karya seni lukis bertema kesenian jaranan turonggo yakso sehingga diharapkan dapat menambah wawasan kepada masyarakat tentang kesenian yang ada dikabupaten Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13179

Actions (login required)

View Item View Item