Astronot sebagai sumber ide penciptaan karya seni lukis representasional / Ryan Aditya Galih Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Astronot sebagai sumber ide penciptaan karya seni lukis representasional / Ryan Aditya Galih Nugraha

Nugraha, Ryan Aditya Galih (2019) Astronot sebagai sumber ide penciptaan karya seni lukis representasional / Ryan Aditya Galih Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Nugraha Ryan Aditya Galih. 2019. Astronot Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Seni Lukis Representasional. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M. Sn. Kata Kunci Kehidupan luar angkasa Astronot Penciptaan Seni lukis representasional. Saat ini kemajuan teknologi sudah semakin canggih dan berkembang sangat pesat sehingga hal itu memungkinkan dan mempermudah manusia untuk bisa menjelajahi dunia luar angkasa. Dewasa ini negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Rusia telah menciptakan satelit-satelit ruang angkasa serta telah berhasil mengirimkan para peneliti untuk menjelajahi ruang angkasa. Hasil dari penjelajahan tersebut dipublikasikan di Bumi sebagai kajian dari ilmu pengetahuan. Hal tersebut dapat mempermudah seseorang dalam mempelajari jagat raya dan isinya. Pada penciptaan ini penulis mengangkat astronot sebagai ide atau gagasan dalam berkarya seni lukis. Astronot adalah sebutan bagi orang yang telah dididik dan menjalani latian untuk terbang ke luar angkasa menggunakan pesawat luar angkasa. Istilah astronot ini pertama kali muncul pada 1929 istilah ini pun muncul saat pertama kalinya National Aeronautics and Space Administration (NASA) dibentuk. Proses dalam penciptaan karya seni lukis ini dimulai dari perancangan konsep yang didalamnya terdapat ide atau gagasan tema dan objek yang akan diciptakan. Selanjutnya menentukan karakteristik karya lalu menentukan teknik serta alat dan bahan yang akan digunakan. Apabila semua sudah terpenuhi langkah selanjutnya adalah proses visualisasi yaitu membuat sketsa diatas kertas dan memindahkannya diatas kanvas. Kemudian proses pewarnaan dengan menggunakan teknik plakat dan teknik blok. Proses yang terakhir yaitu adalah proses melapisi karya dengan pelapis cat transparan. Penulis menampilkan 6 karya seni lukis representasional dengan media estetik berupa garis bentuk dan ruang dan cahaya tekstur dari sebuah konsep. Menggunakan karakteristik karya berobjekkan seorang astronot yang berada diluar angkasa yang sedang melalukan kegiatan-kegiatan layaknya mereka saat berada di bumi. Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada orang lain dalam menghayati karya seni lukis representasional. Mulai dari perancangan konsep hingga proses visualisasi karya dan deskripsi karya berdasarkan sudut pandang pribadi penulis dan semoga dengan karya ini dapat membantu menumbuhkan rasa imajinasi kita untuk menjalani kehidupan diluar angkasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13177

Actions (login required)

View Item View Item