Tergesernya lahan pertanian sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis representasional / Rodlyta Ittabi' Ulya - Repositori Universitas Negeri Malang

Tergesernya lahan pertanian sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis representasional / Rodlyta Ittabi' Ulya

Ulya, Rodlyta Ittabi' (2019) Tergesernya lahan pertanian sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis representasional / Rodlyta Ittabi' Ulya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ulya Rodlyta Ittabi . 2018. Tergesernya Lahan Pertanian Sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Seni Lukis Representasional. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci Pergeseran lahan Penciptaan Karya Seni Lukis Representasional. Pergeseran lahan merupakan peralihan fungsi suatu lahan menjadi fungsi yang lain misalnya lahan pertanian menjadi lahan pertokoan. Kebutuhan manusia yang terus bertambah serta mendesak menjadikan pergeseran lahan tidak terkendali. Ditambah dengan kesadaran manusia akan mencari keuntungan yang lebih dengan memanfaatkan kebutuhan manusia lainnya. Oleh karena itu pencipta melakukan penciptaan karya seni lukis representasional sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran manusia dalam menghargai dan lestarikan lingkungan khususnya pada keberadaan lahan pertanian. Bedasarkan dari permasalahan tersebut pencipta menjadikannya sumber inspirasi dalam penciptaan karya seni lukis representasional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penciptaan seni dengan menggunakan metode penciptaan Alma Hawkins meliputi tahap eksplorasi tahap improvisasi dan pembentukan. Eksplorasi dalam penciptaan ini merupakan tahap pencarian ide serta pencarian objek yang relevan dengan ide tersebut. Ide dari penciptaan ini adalah Tergesernya lahan pertanian . Improvisasi merupakan pengembangan dari tahap sebelumnya yaitu mengembangkan objek yang didapat menjadi sesuai dengan apa yang dirasakan pencipta. Pembentukan adalah tahap terakhir yaitu menerapkan objek yang telah dikembangkan menjadi suatu karya yang utuh. Penciptaan ini menghasilkan enam karya seni lukis yang berjudul Padi menghitam Puff of chaos Berharap Dan ketenangan Kerasnya alam dan Kacau balau. Keenam karya lukis yang diciptakan menambah wawasan tentang pengolahan deskripsi suatu karya seni dan nostalgia bagi pencipta yang berisi ingatan-ingatan dalam perwujudannya. Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada pencipta maupun orang lain dalam mempelajari karya seni lukis representasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13174

Actions (login required)

View Item View Item