Kucing dengan kondisi terluka sebagai ide penciptaan seni lukis representasional / Surya Anggara Prima - Repositori Universitas Negeri Malang

Kucing dengan kondisi terluka sebagai ide penciptaan seni lukis representasional / Surya Anggara Prima

Prima, Surya Anggara (2019) Kucing dengan kondisi terluka sebagai ide penciptaan seni lukis representasional / Surya Anggara Prima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Prima Surya Anggara. 2018. Kucing dengan Kondisi Terluka Sebagai Ide Penciptaan Seni Lukis Representasional. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci Kucing Luka Penciptaan Lukis Representasional Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit kebanyakan orang. Jenis kucing pun sangat beragam dari kucing liar kucing ras dan kucing domestik. Kucing menjadi hewan peliharaan dikarenakan tingkah lakunya yang dianggap lucu oleh sebagian orang. Pencipta mengangkat kucing sebagai ide penciptaan namun bukan sisi lucu kucing yang ingin diangkat oleh pencipta melainkan sisi lain kucing yaitu ketika kucing dalam kondisi terluka sehingga dijauhi oleh manusia. Pengalaman pencipta ketika menemukan kucing dalam kondisi luka-luka yang justru dijauhi oleh manusia menunjukan bahwa manusia hanya menyukai kucing dalam kondisi yang baik dan lucu saja namun ketika kucing tersebut dalam kondisi tidak baik dan terluka manusia terkadang merasa jijik dan menjauhinya. Kucing-kucing dengan kondisi terluka juga memiliki hak hidup yang sama. Berdasarkan pengalaman tersebut kemudian pencipta menganalogikan pengalaman tersebut dalam kehidupan manusia. Perilaku manusia yang terbiasa melihat suatu hal hanya dari satu sisi saja disini sisi indah yang hanya digunakan oleh manusia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penciptaan seni dengan menggunakan model proses kreatif Alma Hawkins meliputi tahap eksplorasi tahap improvisasi dan pembentukan. Ide penciptaan adalah kucing dalam metafora kehidupan manusia. Tujuan penciptaan ini adalah untuk memaparkan cara pandang manusia terhadap kucing dengan kondisi terluka melalui penciptaan karya lukis representasional. Penciptaan ini menghasilkan 6 karya seni lukis yang berjudul Sisi Lain 1 (Wajah Lucu Kucing) Sisi Lain 2 (Kaki Kucing) Terkurung Luka si Manis Tidak Lagi Lucu dan Ibu dan Anak-anaknya. Keenam karya lukis tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada apresian untuk menghargai kucing dengan kondisi terluka serta melihat suatu hal dari berbagai sudut pandang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13173

Actions (login required)

View Item View Item