Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pengenalan Candi Penataran untuk Anak Usia SD/MI Kelas Tinggi di Blitar / Yekti Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pengenalan Candi Penataran untuk Anak Usia SD/MI Kelas Tinggi di Blitar / Yekti Rahmawati

Rahmawati, Yekti (2019) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pengenalan Candi Penataran untuk Anak Usia SD/MI Kelas Tinggi di Blitar / Yekti Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahmawati Yekti. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pengenalan Candi Penataran untuk Anak Usia SD/MI Kelas Tinggi di Blitar. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd. Kata Kunci penelitian pengembangan buku cerita bergambar candi penataran anak usia sekolah dasar Di Blitar terdapat cagar budaya yang terkenal yakni Candi Penataran. Candi ini terletak di Desa Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Sebagai bagian dari kebudayaan bangsa cagar budaya Candi Penataran adalah salah satu warisan budaya bangsa yang sudah membangun jati diri bangsa yang diwarnai oleh corak lokal atau kearifan lokal yang khas. Pada saat peneliti mengunjungi Kompleks Candi Penataran dan membeli buku panduan candi yang berjudul Memperkenalkan Komplek Percandian Panataran di Blitar karya Soeyono Wisnoe Whardono buku tersebut terakhir diperbarui pada tahun 1995 sejumlah kosa kata buku juga kurang sesuai untuk masa kini. Dari situ peneliti mendapatkan ide untuk mengembangkan buku pengenalan Candi Penataran yang lebih menarik. Siswa sekolah dasar kelas tinggi dipilih sebagai pembaca utama. Dari hasil kuesioner analisis kebutuhan diperoleh buku cerita bergambar dipilih oleh siswa sebagai media yang akan dikembangkan. Pengembangan buku cerita bergambar sebagai cara melestarikan wawasan kearifan lokal guna menanamkan nilai-nilai luhur budaya bangsa. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R D) milik Sugiyono yang telah dimodifikasi menjadi 6 langkah. Langkah- langkahnya adalah (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk. Jenis data yang didapat merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen untuk pengumpulan data terdiri dari instrumen validasi untuk ahli materi dan media serta instrumen uji coba untuk siswa sekolah dasar kelas tinggi. Teknik analisis data yang digunakan disesuaikan dengan jenis data yang diperoleh. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan buku cerita bergambar pengenalan Candi Penataran untuk siswa SD/MI di Blitar mendapat kriteria layak yang diperoleh dari hasil data kuantitatif dengan rincian validasi ahli media dengan persentase77 63% validasi ahli materi dengan persentase 100% dan uji kelompok kecil dengan persentase 88 3%. Dari hasil data kualitatif ada sejumlah komentar dan saran validator untuk perbaikan produk antara lain mengganti ilustrasi ornamen gambar relief dengan menggunakan foto penggantian teks bagian penutup dengan menyesuaikan kebutuhan tugas akhir atau tugas mahasiswa penambahan halaman daftar isi dan 5 sub judul cerita sehingga membuat buku cerita bergambar yang awalnya 60 halaman beserta sampulnya menjadi 70 halaman. Tahap uji coba lebih lanjut diperlukan agar tingkat kevalidan produk lebih sempurna dan siap diproduksi masal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13172

Actions (login required)

View Item View Item