Pengembangan buku cerita bergambar bertema topeng Malang dengan lakon Dewi Ragil Kuning untuk siswa SD kelas rendah / Bagus Wiryawan Putra

Putra, Bagus Wiryawan (2019) Pengembangan buku cerita bergambar bertema topeng Malang dengan lakon Dewi Ragil Kuning untuk siswa SD kelas rendah / Bagus Wiryawan Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Putra, Bagus Wiryawan. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Bertema Topeng Malang Dengan Lakon Dewi Ragil Kuning untuk Siswa SD Kelas Rendah. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd Kata Kunci : pengembangan, buku cerita bergambar, wayang topeng malang. Indonesia merupakan negara yang penuh dengan aneka ragam budaya yang tersebar luas di seluruh wilayahnya. Di Kota Malang sendiri terdapat beberapa kebudayaan khas, salah satunya Topeng Malang. Namun, kurangnya pengetahuan dan minat terhadap Topeng Malang membuat budaya Topeng Malang kurang begitu dikenal oleh anak-anak dan remaja. Oleh karena itu, pengembangan media buku cerita bergambar berjudul ÔÇ£Dewi Ragil Kuning: Sayembara Sodo LanangÔÇØ ini dijadikan pilihan sebagai media pengenalan Wayang Topeng Malang khususnya bagi anak-anak. Model penelitian yang digunakan adalah model Five D dari Moeljadi Pranata (2012) yaitu (1) define, (2) data, (3) design, (4) develop, dan (5) disseminate. Produk final diuji kelayakannya oleh 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 20 orang subjek uji coba kelompok besar yakni siswa SD kelas rendah atau anak-anak dengan rentang usia 7-9 tahun. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa kuisioner dengan jenis angket yang hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik persentase yang kemudian dikonversikan dengan tabel kriteria kelayakan. Hasil validasi dan uji coba produk pengembangan media buku cerita bergambar berjudul ÔÇ£Dewi Ragil Kuning: Sayembara Sodo LanangÔÇØ sebagai media pengenalan Wayang Topeng Malang bagi siswa SD kelas rendah ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai 71,42%, ahli materi 84%, dan uji kelompok besar mencapai 78,1%. Dari persentase ahli materi, ahli media, dan uji coba dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar berbasis Wayang Topeng Malang, layak digunakan sebagai media pengenalan budaya Wayang Topeng Malang. Spesifikasi media buku cerita bergambar berukuran A4, menggunakan huruf Aksara Jawa, Cochin dan Devin Swash, format print art paper, gaya visual kartun, penggambaran visual buku cerita bergambar menggunakan Manga Studio 5 dan Adobe Photoshop CS6. Di dalam buku cerita bergambar tersebut juga terdapat pengenalan tokoh dari cerita Wayang Topeng Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13171

Actions (login required)

View Item View Item