Penciptaan ilustrasi ikon Bondowoso sebagai elemen estetik 2D dengan teknik digital / Ivon Elektria Fany - Repositori Universitas Negeri Malang

Penciptaan ilustrasi ikon Bondowoso sebagai elemen estetik 2D dengan teknik digital / Ivon Elektria Fany

Fany, Ivon Elektria (2018) Penciptaan ilustrasi ikon Bondowoso sebagai elemen estetik 2D dengan teknik digital / Ivon Elektria Fany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fany Ivon Elektria. 2018. Penciptaan Ikon Bondowoso sebagai Elemen Estetik 2D dengan Teknik Digital. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci Ikon Bondowoso Penciptaan Desain Teknik Digital. Ikon adalah sebuah media representasi ciri khas suatu daerah dengan menggambarkan cerminan masyarakatnya. Kebutuhan akan ikon sebagai identitas suatu daerah akan memberi pengaruh positif dalam berbagai bidang. Ikon itu sendiri masing-masing akan dibuat untuk menambah pengetahuan visual masyarakat Bondowoso khususnya di SMAN 1 Prajekan. Penulis memilih enam gagasan yang merupakan hal yang paling menonjol di Bondowoso nantinya akan divisualkan dengan teknik ilustrasi digital. Dalam memvisualkan keenam konsep tadi dibutuhkan seorang desainer ilustrasi yang dapat merealisasikan dengan baik selain itu penulis ingin mengekspresikan potensi dalam diri sekaligus ingin menumbuhkan kesadaran generasi muda akan pentingnya mengetahui ikon-ikon Bondowoso sehingga penulis terinspirasi berinisiatif dan ingin memvisualkan menjadi sebuah karya digital yang berupa elemen estetik 2D (dua dimensi). Penelitian penciptaan ini menggunakan metode penciptaan desain yang prosedural dimana dimulai berawal dari latar belakang masalah identifikasi masalah analisis masalah sintesis konsep rancangan konsep tata desain dan desain final. Pada realisasi penciptaan ini berupa elemen estetik 2D dengan tema yang sama dengan judul yang berbeda dengan teknik digital pada media cetak spundbond paper fabric. Melalui penciptaan desain ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan dalam latar belakang yang akan dijabarkan pada bab-bab dalam penelitian ini. Selain itu diharapkan melalui karya penciptaan desain ini dapat membantu mengangkat kembali ciri khas Bondowoso dengan visualisasi menarik menggunakan kreativitas penulis menjadi elemen estetik 2D (dua dimensi) yang menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13168

Actions (login required)

View Item View Item