Refleksi diri sebagai inspirasi penciptaan karya lukis abstrak / Rizka Azizah Hayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Refleksi diri sebagai inspirasi penciptaan karya lukis abstrak / Rizka Azizah Hayati

Hayati, Rizka Azizah (2018) Refleksi diri sebagai inspirasi penciptaan karya lukis abstrak / Rizka Azizah Hayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hayati Rizka Azizah. 2018. Refleksi Diri Sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Lukis Abstrak. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M.Sn. Kata Kunci Refleksi Diri Penciptaan Lukis Abstrak. Refleksi diri merupakan suatu pengamatan terhadap diri sendiri yang secara sadar dilakukan berupa pengungkapan proses mental untuk meningkatkan kualitas diri. Melakukan terapi terhadap diri sendiri untuk mengatasi traumatik dapat dilakukan lewat seni khususnya seni lukis sebagai sarana ekspresi. Melalui refleksi diri yang diekspresikan kelukisan merupakan bentuk terapi terhadap traumatik. Masalahnya untuk lebih mengenal diri secara konkrit harus berwujud agar menemukan jati diri segala keinginan serta tujuan dalam hidup. Oleh sebab itu pencipta menjadikan refleksi diri sebagai inspirasi berkarya lukis abstrak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penciptaan seni dengan menggunakan model proses kreatif Alma Hawkins meliputi tahap eksplorasi tahap improvisasi dan pembentukan. Ide penciptaan adalah refleksi diri diperkuat konsep diri yaitu pandangan dan sikap individu terhadap diri sendiri. Tujuan penciptaan pertama untuk memaparkan refleksi diri yang diwujudkan melalui proses penciptaan karya lukis abstrak dan memvisualisasikan hasil penciptaan yang bersumber dari refleksi diri. Penciptaan ini menghasilkan 6 karya seni lukis yang berjudul Satu Waktu Bersama Senja Menerbangkan Nyawa Bertemu di Satu Titik Meniti Garis Menuju Pulang Menyatukan Aku dan Jejak. Keenam karya lukis yang diciptakan menambah wawasan berolah seni dan terapi bagi pencipta yang berisi pesan moral dalam perwujudannya khususnya dalam hal mengatasi traumatik lewat terapi berkarya seni. Melalui karya seni lukis yang diciptakan diharapkan dapat menjadi media apresiasi bagi masyarakat dan menambah pengetahuan serta wawasan bagi pendidikan utamanya terkait psikologi pendidik maupun peserta didik. Dengan memahami psikologi utamanya bagi peserta didik akan meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13167

Actions (login required)

View Item View Item