Minat belajar peserta didik kelas IX terhadap mata pelajaran Seni Budaya materi Seni Lukis di SMP Negeri 3 Malang tahun ajaran 2016/2017 / Nur Fattah Hidayat

Hidayat, Nur Fattah (2018) Minat belajar peserta didik kelas IX terhadap mata pelajaran Seni Budaya materi Seni Lukis di SMP Negeri 3 Malang tahun ajaran 2016/2017 / Nur Fattah Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat, Nur Fattah. 2018. Minat Belajar Peserta Didik Kelas IX pada Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Seni Lukis di SMP Negeri 3 Malang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Triyono Widodo, M.Sn Kata Kunci: minat belajar, seni budaya, seni lukis Minat belajar merupakan salah satu penentu dalam tercapainya tujuan pembelajaran, sedangkan minat belajar antarpeserta didik tidak selalu sama. SMP Negeri 3 Malang yang memiliki profil sebagai SMP favorit di kota Malang merupakan salah satu sekolah yang sering mendulang prestasi di bidang akademik, namun belum memperlihatkan prestasi di bidang seni, khususnya seni lukis. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ingin mengetahui apakah belum terlihatnya prestasi di bidang seni lukis berhubungan dengan minat belajar peserta didik pada matapelajaran seni budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan minat belajar peserta didik kelas IX terhadap mata pelajaran seni budaya materi seni lukis di SMP Negeri 3 Malang tahun ajaran 2016/2017, dan merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang ukurannya mengacu pada rumus Slovin dengan batas kesalahan 10%. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 74 peserta didik (dari total populasi 288 peserta didik). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup, dan kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa minat belajar terhadap mata pelajaran seni budaya materi seni lukis secara keseluruhan memperoleh hasil cukup baik (58,56%), dan peserta didik yang mempunyai: (1) kesukaan terhadap mata pelajaran seni budaya materi seni lukis memperoleh hasil baik (63,51%), (2) ketertarikan terhadap mata pelajaran seni budaya materi seni lukis memperoleh hasil baik (66,22%), (3) perhatian terhadap mata pelajaran seni budaya materi seni lukis memperoleh hasil cukup baik (54,73%); (4) keterlibatan terhadap mata pelajaran seni budaya materi seni lukis memperoleh hasil kurang baik (27,03%); dan (5) kebiasaan merawat hasil karya memperoleh hasil sangat baik (83,78%). Saran yang dapat diberikan: (1) Bagi guru mata pelajaran seni budaya, hendaknya penelitian ini dapat dijadikan masukan untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran seni budaya, khususnya materi seni lukis, yang lebih baik dan inovatif, agar dapat meningkatkan minat peserta didik sehingga dapat mendulang prestasi di bidang seni lukis; (2) Untuk penelitian selanjutnya, hendaknya pengambilan sampel dan penyusunan instrumen dirancang dan dibuat sebaik mungkin agar mendapatkan data yang lengkap dan akurat. Juga, menyertakan solusi atau penyelesaian masalah untuk peserta didik yang kurang memiliki minat dalam belajar; dan (3) Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya penelitian ini dapat menjadi inspirasi untuk mengadakan penelitian terkait dengan minat belajar seni budaya di sekolah lain. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13165

Actions (login required)

View Item View Item